Pahami 4 Cara Menjaga Kulit Ketika Berolahraga, Tidak Sulit!

Sumber: Loreal Paris
Kamis, 25 November 2021 | 11:43 WIB
Pahami 4 Cara Menjaga Kulit Ketika Berolahraga, Tidak Sulit!

ILUSTRASI. yoga

MOMSMONEY.ID - Moms, olahraga memberikan efek baik untuk kesehatan tubuh khusunya kulit. Melakukan olahraga teratur memberikan manfaat seperti memperlambat proses penuaan dini dan memperlancar aliran oksigen, sehingga wajah lebih merona karena aliran darah yang lancar. 

Namun, Anda juga perlu melakukan beberapa cara di bawah ini ketika berolaraga agar kulit tetap selalu terjaga kesehatannya. Melansir dari loreal-paris.co.id, inilah empat cara mudah menjaga kulit ketika berolahraga, yaitu: 

yoga

1. Gunakan Sunscreen 

Cara menjaga kulit ketika berolahraga pertama adalah gunakan susncreen sebelum berolahraga. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV yang datang dari sinar matahari atau cahaya bohlam lampu.

Ditambah lagi, ternyata sinar ultraviolet juga bisa menembus jendela kaca ruangan. Jika tubuh terpapar radiasi ultraviolet secara berlebihan dan terus-menerus, akibatnya sel-sel tubuh, termasuk juga sel-sel kulit, akan menjadi rusak. Sehingga sangat diperlukan untuk mengoleskan sunscreen sebelum beraktivitas, ya. 

2. Penuhi Cairan Tubuh

Memenuhi cairan tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda agar selalu lembab. Saat tubuh mengalami dehidrasi akan memberikan efek buruk terhadap kulit. Dehidrasi akan menyebabkan kulit kering dan lebih rentan.

Selalu bawa botol air minum atau infused water saat Anda berolahraga, serta konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air setiap hari untuk menjaga tubuh dan kulit tetap segar serta lembab. 

Baca Juga: Terlindung dari Sinar UV, Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

3. Olahraga di Waktu yang Tepat

Cara menjaga kulit ketika berolahraga selanjutnya adalah pilihlah waktu yang tepat. Sehinggam kulit Anda tidak akan langsung terpapar sinar matahari langsung. Misalnya, Anda yang suka berenang, bersepeda, jogging, marathon, atau jalan cepat, disarankan memilih waktu di pagi hari (sebelum jam 8 atau 9 pagi) dan sore hari (antara jam 4 sampai 6 sore).

Di pagi hari sebelum jam 9 sore, sinar matahari masih ramah di kulit. Selain itu sinar matahari juga mengandung banyak vitamin D yang baik untuk tulang dan kulit. Setelah berolahraga di pagi hari, tubuh Anda juga akan lebih segar serta lebih bersemangat melakukan aktivitas selanjutnya.

Sama sepert dengan berolaharag di sore hari. Berolahraga sebelum matahari terbenam akan menghindarkan kulit Anda dari paparan terik sinar matahari yang mengandung sinar UV. 

4. Mandi Setelah Berolahraga

Cara menjaga kulit ketika berolahraga terakhir yaitu mandi setelah berolahraga. Berolahraga akan membuat tubuh memproduksi keringat berlebih apabila bercampur dengan bakteri bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lain. Selalu mandi setelah berolahraga dan sebelum beraktivitas dapat membuat kulit tetap bersih, segar, dan terhindar dari kuman.

Nah, itulah empat cara menjaga kulit ketika berolahraga. Banyak sekali manfaat olahraga untuk tubuh yang bisa Anda rasakan. Namun, Anda jangan terlena dengan kesehatan kulit juga. Lakukan olahraga secara rutin untuk mendapatakan tubuh yang sehat dan bugar. 

 

Selanjutnya: IHSG menguat 6.719,8 di akhir sesi pertama hari ini (24/11), asing koleksi saham BUMN

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru