HOME, Bugar

Pahami 4 Cara Mencegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahunan, Tidak Sulit!

Pahami 4 Cara Mencegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahunan, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Seperti yang Anda tahu bahwa penuaan dini dialami di usia yang tidak muda lagi. Namun, Anda jangan terlena dengan angka karena bisa saja di usia 20 tahunan tanda-tanda penuaan dini muncul. Penuaan dini yang paling terlihat seperti kerutan dan garis-garis halus di bawah mata, serta flek hitam.

Oleh karena itu, Anda perlu mencegah penuaan dini di usia 20 tahunan dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut cara mencegah penuaan dini di usia 20 tahunan, yaitu:  

1. Gunakan Selalu Sunscreen

Cara mencegah penuaan dini di usia 20 tahunan pertama yaitu gunakan selalu sunscreen. Sunscreen merupakan produk terbaik untuk melindungi kulit Anda dari papapran sinar UV. Dimana sinar UV salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan. 

Karena sinar matahari secara langsung ataupun terpapar melalui jendela dapat merusak struktur DNA kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Oleh karena itu, sunscreen menjadi salah satu tahap terpenting dalam rutinitas skincare yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Pilihlah sunscreen yang ringan dan nyaman untuk digunakan seharian. Selain itu, Anda perlu mengoleskan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali apabila Anda sedang berkegiatan di luar ruangan. Jadi, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri menggunakan SPF 30 seperti The Great Shield Sunscreen agar kulit Anda terhindar dari penuaan dini.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Omega 3

Cara mencegah penuaan dini di usia 20 tahunan selanjutnya adalah konsumsi makanan mengandung omega 3. Selain mengoleskan sunscreen, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega 3.

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel-sel penting dalam tubuh termasuk sel kulit. Fungsi omega 3 ini untuk memperbaiki kinerja sel pada kulit agar bekerja dengan baik. Asam lemak pada Omega 3 mampu menjaga kelembapan dan kekencangan sel kulit, maka kulit Amda tidak akan kendur dan berkeriput.

Dengan rutin mengonsumsi Omega 3, kemampuan kulit untuk mengikat cairan, menyamarkan kerutan, dan melembutkan kulit akan meningkat. Sebaiknya Anda harus memenuhi kebutuhan Omega 3 dengan rajin mengonsumsi alpukat, salmon, chia seed, almond, dan minyak zaitun.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

3. Hindari Makanan & Minuman Tinggi Kadar Gula

Anda juga harus menghindari makana dan minuman yang tinggi kadar gula. Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan dan minuman manis juga tidak baik untuk kulit. Gula merupakan musuh alami dari kolagen.

Kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur merupakan dampak dari proses glycation, proses di mana molekul gula berlebih merekat pada serat kolagen dan membuatnya kehilangan kekuatan serta fleksibilitasnya.

Sehingga kulit akan menjadi kurang elastis dan lebih rapuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Karena kulit menjadi lebih rapuh, keriput dan kulit kendur akan nampak semakin jelas pada kulit. Jika tidak ingin mengalaminya, mulai sekarang Anda harus kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

4. Oleskan Krim Mata Setiap Hari

Cara mencegah penuaan dini di usia 20 tahunan lainnya yaitu oleskan krim mata setiap hari. Seperti yang Anda tahu bahwa kulit di sekitar area mata leih tipis dibandingkan kulit lainnya dan mudah mengalami penuaan. 

Hal ini disebabkan karena kebiasaan senyum, squinting, dan menggosok mata. Kebiasaan tersebut yang mempercepat kemunculan garis-garis halus pada sekitar mata. Oleh karena itu, penting untuk menjaga area sekitar mata terhidrasi dan ternutrisi dengan baik.

Dengan menggunakan krim mata pada usia 20 tahunan, Anda bisa mencegah dan mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada area sekitar mata. Jika Anda masih berusia di awal 20, disarakan gunakan krim mata yang bertekstur ringan dan memiliki tekstur gel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News