ads

Pahami 4 Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Sumber: Olay
Rabu, 22 Juni 2022 | 17:24 WIB
Pahami 4 Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

ILUSTRASI. Harus Tahu! Pahami 4 Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak


MOMSMONEY.ID - Khusus kulit berminyak, penggunaan produk skincare diharapkan dapat mengontrol produksi sebum di kulit wajah. Selain itu, dibutuhkan kandungan yang mampu mencegah munculnya jerawat dan komedo, serta mengatasi kulit kusam.

Oleh sebab itu, Anda perlu lebih teliti dalam memilih produk skincare untuk kulit berminyak. Melansir olay.co.id, simak penjelasannya di bawah ini: 

1. Perhatikan kandungan aktif pelembab

Cara memilih skincare untuk kulit berminyak yaitu melihat kandungan aktif pelembab. Sebelumnya pastikan Anda memilih pelebab yang berlabel non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Kemudian, cek kandungan aktif di dalamnya seperti asam salisilat, niacinamide, benzoil peroksida, atau asam glikolat.

Bahan aktif tersebut merupakan bahan pelembap terbaik untuk kulit berminyak karena mampu mengendalikan sebum. Hyaluronic acid juga bisa menjadi pilihan karena dapat mengunci kelembapan serta menjaga keseimbangan minyak di kulit secara efektif.

Pastikan juga kandungan yang ada di pelembap Anda memiliki dimethicone yang mampu terserap cepat ke dalam kulit, serta mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Pilih tekstur yang ringan

Cara memilih produk skincare untuk kulit berminyak berikutnya adalah teksturnya ringan. Pilihlah produk skincare atau pelembab yang bertekstur ringan, berbahan dasar gel atau air, serta berformula bebas minyak.

Pelembap yang terlalu thick, kental dan creamy malah justru dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga akhirnya muncul komedo, juga jerawat.

Pelembap yang bertekstur ringan biasanya akan lebih mudah dan lebih cepat terserap ke dalam kulit berminyak. Formulanya lembut serta optimal melembapkan sekaligus menyerap minyak yang berlebih

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Patut Dicoba

3. Hindari kandungan alkohol

Menghindari kandungan alkohol di dalam produk skincare atau pelembab juga termasuk cara memilih produk skincare. Alasannya karena kandungan alkohol bisa menghilangkan unsur air di dalam kulit, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk, wajah pun gampang kusam.

Penumpukan ini memerangkap minyak di kulit sehingga menghasilkan lebih banyak produksi minyak, ujung-ujungnya malah memunculkan banyak jerawat. Jadi, pastikan Anda tidak memilih pelembap yang ada alkoholnya. 

4. Hindari kandungan mineral oil

Sebaiknya Anda menghindari pelembap untuk kulit berminyak dengan kandungan mineral oil. Kandungan tersebut bisa jadi malah akan menyumbat pori-pori, sehingga pori-pori akan bertambah besar dan kotoran mudah terperangkap di dalamnya.

Selain itu, kandungan yang menghidrasi secara intensif seperti vitamin E, lanolin, atau petroleum juga sebaiknya tidak usah digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER