HOME, Bugar

Pahami 4 Cara Melembabkan Kulit Tubuh Kering dengan Benar

Pahami 4 Cara Melembabkan Kulit Tubuh Kering dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit tubuh kering dapat menurunkan percaya diri seseorang. Tanpa disadari ada kebiasan-kebiasaan yang dianggap biasa ternyata bisa berpengaruh ke kondisi kulit tubuh Anda. Hal ini membuat kulit tubuh bisa menjadi kering.

Jika ingin memiliki kulit tubuh lembab, lakukan beberapa cara di bawah ini secara rutin. Melansir dari cnfstore.com, simak penjelasan tentang cara melembabkan kulit tubuh kering denga tepat, yakni : 

1. Hindari Mandi Menggunakan Air Panas

Pertama, cara melembabkan kulit tubuh kering dengan tepat adalah hindari mandi menggunakan air panas. Jika kulit terlalu sering terkena air panas, maka minyak-minyak alami di kulit akan turut terkikis dan lapisan kulit menjadi rusak.

Memang benar mandi air panas memberikan rasa rileks pada tubuh. Oleh karena itu, mandi menggunakan air hangat hanya sesekali paling lama 10 menit saja. Setelah mandi, kulit jangan terlalu keras digosok, cukup ditepuk lembut menggunakan handuk kering.

2. Oleskan Pelembab Langsung Setelah Mandi

Selanjutnya, mengoleskan pelembab langsung setelah mandi adalah cara melembabkan kulit tubuh. Tidak perlu menunggu kulit benar-benar kering untuk mengaplikasikan pelembap. Langsung aplikasikan pelembap setelah mandi dalam kondisi kulit benar-benar masih lembap. Hal ini karena fungsi moisturizer adalah menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. 

Berdasarkan Jurnal American Academy of Dermatology, pilihlah pelembap krim oil-based dan mengandung shea butter, olive oil, atau jojoba oil yang bagus untuk kulit tubuh kering. Pelembap dengan bahan dasar air cenderung lama meresap di kulit dan cepat menguap. Kondisi ini malah akan membuat kulit makin kering.

Baca Juga: Yuk Bikin Masker, Ini 4 Bahan Alami yang Cocok untuk Kulit Berminyak!

3. Lakukan Eksfoliasi 

Kulit tubuh juga perlu melakukan eksfoliasi, cara ini memang sangat bermanfaat mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. Namun, jangan over-exfoliate karena tidak bagus dan membuat kulit jadi kering, merah, hingga iritasi. Cukup lakukan eksfoliasi kulit satu hingga dua kali dalam seminggu saja, ya.

4. Rutin Minum Air Putih

Cara melembabkan kulit tubuh kering lainnya adalah rutin minum air putih. Tubuh sebagian besar mengandung air yang berperan mengeluarkan racun tubuh dan menghidrasi kulit. Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan berdampak pada kesehatan kulit.

Sehingga dapat menimbulkan reaksi seperti kulit kering dan kusam. Oleh karena itu, konsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Kemudian, perbanyak juga konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air dan mineral untuk menghidrasi kulit secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News