Bugar

Pahami 4 Cara Keramas Rambut Ikal yang Benar, Yuk!

Pahami 4 Cara Keramas Rambut Ikal yang Benar, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Rambut ikal termasuk jenis rambut yang membutuhkan perawatan khusus. Rambut ikal memang terlihat sulit untuk ditata rapi, namun jika Anda bisa merawatkan dengan baik maka rambut akan terlihat unik dan sehat. 

Masalah yang cukup sering dialami oleh rambut ikal adalah rambut menjadi kering, rambut lebih bervolume dan tidak lepek, serta jika terlalu sering keramas bisa menghilangkan kelembapan alami rambut.

Jika Anda menginginkan rambut ikal terawat dengan baik, berikut cara keramas rambut yang benar dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Membagi bagian-bagian rambut

Cara pertama keramas rambut ikal adalah membagi bagian-bagian rambut. Rambut yang tebal dan keriting cenderung sulit dibersihkan secara merata. Agar bisa dicuci secara menyeluruh saat keramas, pisahkan rambut menjadi 4-6 gulungan lalu jepit.

Lepas gulungan satu per satu dan cuci sampai bersih. Jepit lagi setelah selesai, dan lanjutkan dengan bagian berikutnya. Setelah semua bagian tercuci bersih, lepas semua bagian dan bilas sekali lagi secara menyeluruh.

2. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat

Cara keramas rambut ikal selanjutnya adalah gunakan sampo dan kondisioner yang tepat. Pemilihan sampo yang kurang tepat menyebabkan kekeringan berlebihan pada rambut ikal wanita. Sebenarnya tidak masalah jika rambut ikal keramas setiap hari asalkan menggunakan rangkaian perawatan yang tepat.

Selain sampo yang tepat, rambut juga membutuhkan perawatan dengan kondisioner secara rutin. Agar perawatan lebih optimal, gunakan kondisioner dalam rangkaian perawatan yang sama dengan sampo.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

3. Sisir saat rambut masih basah

Rambut ikal sebaiknya disisir menggunakan sisir bergigi jarang setelah keramas dalam keadaan masih basah. Hal ini dapat mengurangi risiko kusut dan patah pada rambut ikal jika disisir saat sudah kering.

4. Perawatan ekstra untuk rambut ikal

Cara keramas rambut ikal terakhir yaitu harus melakukan perawatan ekstra untuk rambut ikal. Pemberian vitamin rambut tambahan penting untuk menjaga rambut ikal tetap lembut. Anda bisa memberikan ekstrak vitamin E secara rutin agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Rambut ikal juga cenderung berat dan bervolume. Hal ini bisa disiasati dengan proses menipiskan batang rambut saat kunjungan potong rambut berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News