HOME, Bugar

Pahami 4 Bahan Aktif pada Produk Pelembab Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Pahami 4 Bahan Aktif pada Produk Pelembab Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda bingung menentukan produk pelembab wajah? Bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat, ada beberapa bahan aktif yang sangat disarankan ada di produk skincare Anda khususnya pelembab. Bahan aktif tersebut mampu meredakan, merawat dan menenangkan kulit sensitif dan berjerawat Anda.

Saat Anda akan membeli produk pelembab, ada baiknya Anda melihat kandungan utama yang dimiliki produk tersebut. Melansir dari base.co.id, ada empat bahan aktif pada produk pelembab yang baik untuk kulit sensitif dan berjerawat, yaitu : 

1. Centella asiatica atau Cica

Bahan aktif pertama untuk kulit sensitif dan berjerawat yang bisa Anda gunakan yaitu Centella asiatica atau Cica. Bahan aktif ini kini semakin banyak disukai oleh banyak orang, Cica adalah bahan aktif ideal untuk pemilik kulit sensitif yang sekaligus dapat mengatasi jerawat.

Cica memiliki efek penyembuhan luka, memperbaiki tekstur kulit, antibakteri dan anti-inflamasi. Dikutip dari jurnal Frontiers in pharmacology, penggunaan topikal Centella asiatica dalam bentuk krim memiliki efek terapeutik untuk kondisi kulit seperti jerawat.

Oleh karena itu. penggunaan pelembap berbahan cica dapat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus menenangkan iritasi kulit di wajah. Menarik untuk dicoba ya, moms. 

2. Ceramides

Selanjutnya, bahan aktif produk pelembab untuk kulit sensitif dan berjerawat yaitu Ceramides. Perubahan cuaca yang ekstrim bisa memperngaruhi kondisi kulit Anda yang menyebabkan mudah berjerawat dan iritasi. Sebenarnya, Ceramides sudah ada di lapisan terluar kulit Anda secara alami, sehingga menggunakan pelembap dengan ceramides dapat membantu Anda memperkuat skin barrier.

Skin barrier yang rusak menyebabkan microbiome pada kulit terganggu. Dikarenakan microbiome terganggu, bakteri penyebab jerawat P. acnes tumbuh tidak terkontrol yang nantinya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Melansir dari studi The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, bahwa menggunakan pelembap dengan kandungan ceramides pada pasien dengan kulit berjerawat dan sensitif dapat mengurangi inflamasi sehingga jerawat dan bekas jerawat lebih mudah hilang.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit Danamon, Diskon Akhir Tahun Semua Produk Traveloka Rp100.000

3. Green Tea Extract

Bahan aktif produk pelembab untuk kulit sensitif dan berjerawat selanjutnya adalah Green Tea Extract. Teh hijau memiliki antioksidan yang tingi, mampu mengurangi inflamasi dan mengontrol sebum apa lagi saat cuaca sedang tidak menentu.

Melansir jurnal dari BioMed research international, ekstrak teh hijau dapat memberi efek antioksidan karena adanya senyawa EGCG, sehingga bagus untuk kulit dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi inflamasi seperti jerawat.

Selain itu, dalam jurnal dari Antioxidants (Basel, Switzerland), memperlihatkan bahwa kandungan 5% EGCG yang ada di teh hijau efektif mengontrol produksi sebum dan pertumbuhan jerawat pada wajah, tanpa efek samping yang signifikan.

Pelembap dengan kandungan ekstrak teh hijau sangat disarankan untuk Anda yang memproduksi minyak berlebih daripada biasanya saat cuaca ekstrim. Selain itu, ekstrak teh hijau juga cocok dalam meredakan jerawat dengan tingkat keparahan sedang seperti papula dan pustula.

4. Rosehip Oil

Bahan aktif produk pelembab untuk kulit sensitif dan berjerawat lainnya adalah Rosehip Oil. Bahan aktif ini dikenal dengan efek anti-inflamasi, kaya akan vitamin A dan linoleic acid, yang juga aman untuk kulit sensitif.

Menurut studi dari Clin Exp Dermatol yang mengevaluasi efek dari linoleic acid yang digunakan secara topikal kepada pasien dengan tingkat jerawat sedang.

Hasil dari studi ini memperlihatkan pengurangan jumlah timbul jerawat sebanyak 25% selama pemakaian 1 bulan. Sehingga rosehip oil cocok untuk Anda yang memiliki jenis jerawat seperti papula dan pustula. Bahan aktif ini bisa menjadi referensi Anda saat menentukan produk pelembab wajah sehari-hari. 

Selanjutnya: Ketahui Manfaat & Cara Membuat Lulur Boreh, Perawatan Kecantikan Kulit Khas Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News