HOME, Bugar

Pahami 3 Manfaat Melakukan Rutinitas Skincare di Malam Hari Sebelum Tidur

Pahami 3 Manfaat Melakukan Rutinitas Skincare di Malam Hari Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Setelah beraktivitas seharian, Anda mungkin merasa lelah saat ingin membersihkan dan merawat wajah di malam hari. Namun saat tidur, ternyata kulit akan mengalami regenerasi sel-sel kulit. Itu adalah waktu yang tepat untuk merawat kulit setelah beraktivitas seharian.

Sehingga sangat diperlukan untuk melakukan rutinitas skincare di malam hari agar kulit Anda tetap sehat dan cerah. Untuk lebih menyakini pentingnya melakukan retinitas skincare di malam hari. Berikut tiga manfaat yang akan Anda rasakan dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu : 

1. Meregenerasi Sel-Sel Kulit

Manfaat melakukan rutinitas skincare di malam hari pertama yaitu bisa meregenerasi sel-sel kulit. Setelah beraktivitas seharian, kulit wajah akan terpapar kotoran, debu, make up, polusi dan lain-lain. Semua ini, ditambah minyak berlebih yang diproduksi kulit, dapat menumpuk di permukaan kulit dan mengganggu proses regenerasi sel-sel kulit.

Akibatnya, kulit wajah terlihat kusam, bahkan mengalami dehidrasi dan iritasi. Sehingga masalah tersebut membuat skincare di malam hari cukup penting. Proses membersihkan dan eksfoliasi membantu mengangkat dan membersihkan sisa makeup, kotoran, minyak berlebih, dan partikel polusi dari permukaan kulit wajah.

Kemudian, kulit diberi nutrisi oleh essence, serum, dan pelembap malam untuk membantu regenerasi sel-sel kulit dan proses perbaikan dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan radikal bebas dari polusi. 

Baca Juga: Pahami Cara Menghindari Breakout pada Wajah, Perhatikan Kandungannya!

2. Menghidrasi Kulit Wajah

Selanjutnya, manfaat melakukan rutinitas skincare di malam hari adalah menghidrasi kulit wajah. Pada malam hari, saat sel-sel tubuh memperbaiki diri dan beregenerasi, kondisi kulit menjadi rentan ditembus. Saat menggunakan skincare di malam hari dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit. 

Namun kerugiannya, air yang tersimpan di dalam kulit jadi mudah menguap, menyebabkan kulit dehidrasi dan kehilangan kelembapan. Puncaknya terjadi pada jam 4 pagi. Untuk menyiasati menurunnya kadar air di kulit wajah pada malam hari, Anda wajib mengaplikasikan skincare malam secara rutin sebelum tidur.

Pilih produk skincare yang dapat membantu menghidrasi, melembapkan, dan menutrisi kulit dengan optimal. Sehingga saat Anda tidur, kadar air di lapisan kulit tetap terjaga, dan dalam waktu bersamaan, kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkan untuk proses regenerasi sel-selnya. 

3. Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Manfaat melakukan rutinitas skincare di malam hari lainnya yaitu mengatasi masalah kulit wajah. Proses perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit pada malam hari berlangsung dari jam 11 malam sampai 4 pagi.

Oleh sebab itu, pastikan sebelumnya Anda telah mengaplikasikan produk-produk skincare khusus untuk malam hari, terutama pada jam 9-11 malam. Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang glowing, pilih produk-produk skincare yang memiliki bahan aktif yang kuat seperti retinol, resveratrol, dan hyaluronic acid.

Tambahkan langkah eksfoliasi kulit 2-3 kali seminggu menggunakan eksfoliator kimia yang mengandung AHA (glycolic acid atau lactic acid) dan BHA (salicylic acid) untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. Ini akan membuat kulit wajah terasa halus, tampak cerah dan glowing, serta noda hitam pudar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News