HOME, Bugar

Pahami 3 Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris

Pahami 3 Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris

MOMSMONEY.ID - Bekas akibat keratosis pilaris membuat permukaan kulit menjadi bertekstur. Keratosis pilaris atau kulit ayam adalah salah satu masalah kulit yang cukup menggangu.

Melansir dari wikipedia.com, keratosis pilaris adalah suatu penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan kecil seperti jerawat pada kulit. 

Keratosis pilaris ini menyebabkan kulit bertekstur sehingga menggangu penampilan. Keratosis pilaris disebabkan oleh faktor genetik dan berkaitan dengan kondisi kulit seperti eksim. Namun, masih ada cara untuk memperbaiki tekstur kulit akibat keratosis pilaris ini.

Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut tiga cara untuk memperbaiki tekstur kulit akibat keratosis dengan bantuan produk skincare. 

1. Pilihlah Sabun Mandi Mengandung Bahan Mild Exfoliant

Cara memperbaiki tektur kulit pertama dengan memilih sabun mandi yang mengandung Mild Exfoliant. Anda yang pernah mengalami keratosis pilaris, sebaiknya hindari sabun dengan kandungan antibakterial, alkohol, parfum, dan kandungan aktif lainnya.

Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang melembapkan. Sebagai selingan, Anda bisa menggunakan sabun dengan mild exfoliant atau body scrub yang mengandung partikel scrub kecil untuk membantu menghilangkan tumpukan keratin.

Anda hanya perlu menggunakannya dua kali seminggu dan jangan menggosok terlalu kasar karena bisa membuat kulit terluka. 

Baca Juga: Beda Bentuk Beda Fungsi, Inilah 4 Jenis Bedak yang Harus Moms Tahu 

2. Gunakan Pelembab Oil Based

Cara memperbaiki tekstur kulit akibat keratosis pilaris selanjutnya adalah menggunakan pelembab oil based. Anda perlu mengoleskan pelembab pada kulit yang mengalami keratosis pilaris di waktu yang tepat seperti setelah mandi, saat berada di ruangan ber AC, dan malam hari menjelang tidur.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis pelembab yang digunakan dan gantilah pelembab water based menjadi oil based. Pelembap berbahan dasar oil bisa menahan kadar kelembapan di kulit lebih baik dibanding yang bersifat water based. 

3. Gunakan Produk Anti Inflamasi

Selanjutnya, gunakan produk anti inflamasi untuk mengatasi kulit kemerahan. Bagi Anda yang sering mengalami gatal karena permukaan kulit yang terlalu kering, Anda bisa menggunakan skincare dengan bahan bersifat soothing dan anti inflamasi seperti Calendula, Centella Asiatica, Chamomile, atau Aloe Vera. 

Nah itu tiga cara memperbaiki tekstur kulit akibat keratosis pilaris. Selain perawatan menggunakan produk tersebut, sebaiknya Anda juga harus menghindari udara yang terlalu dingin dan kering, ataupun mandi dengan air panas. Mandi air panas cukup lama bisa membuat kondisi kulit keratosis pilaris tidak semakin memburuk. Selamat mencoba, moms!

Selanjutnya: 4 Bahan Natural untuk Mencerahkan Kulit pada Produk Skincare, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News