CLOSE [X]
ads

P2P Cocok untuk Pemula Hingga Profesional

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Kamis, 23 Juni 2022 | 19:50 WIB
P2P Cocok untuk Pemula Hingga Profesional


MOMSMONEY.ID - Peer to peer (P2P) lending kian marak di dalam dunia investasi. Namun, belum banyak pemula yang melirik investasi jenis ini. 

Maklum saja, marketing P2P tidak segencar jenis investasi lainnya. Kebanyakan pemula justru memilih investasi seperti trading saham, kripto ataupun reksadana dan deposito.

Padahal sebenarnya P2P bisa menjadi salah satu portofolio investasi bagi pemula maupun yang sudah senior.

Sekadar informasi, ada beberapa P2P lending yang bahkan fokus pada bisnis atau usaha tertentu, mulai dari  UMKM, properti bahkan pertanian. Sebenarnya ini bisa menjadi salah satu cara untuk pemula belajar berinvestasi sekaligus berbisnis.  Pasalnya, peminjam memberikan skema rencana bisnis dan penggunaan dana itu.     

Baca Juga: Sudah Semakin Mudah, Ayo Mulai Berinvestasi

Namun seperti kebanyakan memilih produk investasi, Anda harus tetap menyesuaikan dengan tujuan keuangan.  Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi  menegaskan ketika orang memilih wahana investasi, mereka harus menentukan apa yang menjadi tujuan berinvestasi.

Sementara bagi mereka yang sudah lama mengenal investasi, P2P bisa menjadi salah satu diversifikasi  portofolio. 

Erlina Juwita, perencana keuangan OneShildt berpendapat  P2P adalah investasi yang modern. Pasalnya,  kebanyakan proses pinjam meminjam dilakukan secara online dan termasuk ke dalam investasi berbasis teknologi finansial.  

Sama seperti investasi obligasi, P2P juga berbasis hutang yakni memberikan pendanaan lewat aplikasi tertentu. 

"Karena lender memberi dana langsung pada borrower, bisa jadi investasi ini lebih tinggi bunganya dibanding deposito, tabungan bahkan ORI," kata Erlina.

Senada dengan Erlina,  Mike  mengatakan bunga yang didapatkan lewat P2P biasanya akan lebih tinggi dibandingkan instrumen seperti ORi dan deposito.

"Bunganya lebih tinggi dibandingkan instrumen tersebut. Misalnya  saja  deposito itu sekitar 5%, P2P bisa 15%-18%," ujar Mike

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER