HOME, Bugar

Orang Tua Wajib Tahu, Penyebab Mata Merah Pada Anak

Orang Tua Wajib Tahu, Penyebab Mata Merah Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Mengatasi mata merah pada anak terkadang tidak cukup hanya dengan tetes mata saja, tapi juga harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagian besar kasus mata merah pada anak sebenarnya tidak berbahaya dan masuk dalam kategori konjungtivitis atau peradangan pada konjungtiva mata.

Menurut ensiklopedia kesehatan University of Rochester Medical Center, konjungtivitis biasanya ditandai dengan gejala seperti mata gatal dan iritasi, pembengkakan kelopak mata, bagian putih mata berwarna merah atau pink, dan terkadang disertai dengan keluarnya cairan dari mata.

Baca Juga: Tak Hanya Pelengkap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Berikut beberapa penyebab mata merah pada anak yang perlu diketahui orang tua.

1. Mata merah akibat bakteri

Berbagai jenis bakteri seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Neisseria gonnorhea, atau Chlamydia trachomatis juga bisa menyebabkan mata merah pada balita.

Saat mengalami mata merah akibat bakteri, mata anak biasanya mengeluarkan cairan kental yang akan mengerak setelah menjadi kering.

Untuk mengatasinya, ANda perlu memeriksakan anak ke dokter untuk diberikan resep tetes mata antibiotik. Pastikan Anda memberikannya secara konsisten sesuai dosis sampai mata anak kembali sembuh seperti semula. 

2. Mata merah akibat iritasi

Menurut penjelasan dalam situs web American Optometric Association, mata merah juga bisa terjadi akibat kontak dengan bahan kimia, makanan, atau asap.

Standar tindakan untuk mengatasinya adalah mencuci mata dengan air selama beberapa menit. Jika mata merah tidak kunjung mereda, segera bawa anak ke dokter untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

3. Mata merah akibat benda asing

Coba Anda cek, apa mata anak yang merah hanya sebelah saja? Kalau iya, besar kemungkinan penyebabnya adalah kemasukan benda asing berukuran kecil, seperti butiran pasir atau debu.

Untuk mengatasi mata merah pada anak yang seperti ini, Anda bisa memberikan obat tetes mata biasa sesuai dengan dosis yang disarankan.

Baca Juga: Agar Anak Tidak Mudah Sakit, Terapkan 6 Cara Berikut Ini!

4. Mata merah akibat alergi

Anak dengan rhinitis alergi akan mengalami gejala mata merah, bersin, dan keluar ingus saat terkena paparan alergen seperti serbuk sari atau debu.

Untuk mengatasi mata merah pada anak akibat reaksi alergi, Anda bisa memberikan obat antihistamin dan tetes mata yang dijual bebas sesuai dengan dosis yang disarankan.

5. Mata merah akibat virus

Dilansir dari Medical News Today sekitar 80% kasus mata merah disebabkan oleh infeksi adenovirus. Kondisi ini cukup sering menyerang anak, karena anak berinteraksi dengan banyak orang sekaligus saat di sekolah.

Mata merah akibat virus biasanya terjadi bersamaan dengan infeksi saluran pernapasan atas, dan disertai dengan gejala mata berair.

Tidak perlu antibiotik untuk mengatasi mata merah pada anak yang disebabkan oleh infeksi virus.

Selanjutnya: Manfaat Pisang Rebus, Salah Satu Menu Sehat yang Cocok untuk Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News