CLOSE [X]
ads

Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 6 Cara Mengobati Anak yang Mengalami Muntaber

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 20 Januari 2022 | 10:59 WIB
Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 6 Cara Mengobati Anak yang Mengalami Muntaber

ILUSTRASI. Cara Mengobati Anak yang Mengalami Muntaber


MOMSMONEY.ID - Jika bayi atau anak Anda mengalami muntaber segera periksakan kondisinya ke dokter untuk mencegah komplikasi seperti dehidrasi. Anda juga bisa melakukan berbagai cara mengatasi muntaber pada bayi dan anak. 

Dilansir dari Health Focus dan Kids Health, inilah 6 cara mengobati anak yang mengalami muntaber, antara lain: 

1. Berikan makanan yang mudah dicerna

Cara mengobati anak yang mengalami muntaber pertama adalah memberikan makanan yang mudah dicerna. Anda bisa berikan kentang atau pisang sebagai cara untuk membantu mengatasi gejala muntaber pada anak.

Jangan menyuguhkan susu dan produk-produk turunan susu, misalnya es krim dan keju, pada buah hati Anda.Untuk sementara, hindari pula makanan manis, permen, dan soda.

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

2. Suplemen zinc

Cara mengobati anak yang mengalami muntaber kedua adalah makanan atau suplemen yang mengandung zinc. Makanan atau suplemen zinc dianggap mampu mengurangi tingkat keparahan dan durasi dari muntaber.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba obat muntaber anak ini untuk mencegah efek samping yang tak diinginkan.

Selain berbagai cara di atas, dokter dapat meresepkan obat muntaber anak berupa antibiotik (jika disebabkan oleh bakteri), hingga obat-obatan untuk membunuh parasit.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru