CLOSE [X]
ads

Orang Tua Wajib Tahu! 5 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 10 November 2021 | 11:02 WIB
Orang Tua Wajib Tahu! 5 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Pada Balita


MOMSMONEY.ID - Mengalami hidung tersumbat kadang kerap kali membuat kita frustasi karena susahnya bernapas. Gejala ini bukan hanya dialami orang dewasa tetapi juga dailami oleh anak-anak.

Dilansir dari Healthline, gejala hidung tersumbat ternyata bukanlah berasal dari terlalu banyaknya lendir pada saluran hidung. Akan tetapi, hidung tersumbat terjadi karena pembuluh darah yang meradang di sinus. 

Hidung anak yang tersumbat membuat si kecil susah bernapas sampai nafsu makan menurun. Kalau sudah nafsu makan menurun, orang tua akan khawatir nutrisi dan gizi anak terganggu.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Mentah untuk Tubuh, Apalagi Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa dicoba di rumah.

1. Cukup asupan cairan untuk tubuh

Mengutip dari Nationwide Children’s, jika kebutuhan cairan anak tercukupi, jaringan nasal atau hidung akan terus terjaga kelembapannya. 

Ibu bisa memberikan minum air putih dan upayakan untuk tidak terlalu banyak memberikan minuman manis. Untuk bayi yang masih minum ASI eksklusif, ibu bisa menyusui si kecil sesering mungkin.

2. Membersihkan hidung anak

Ketika pilek dan tidak rajin dibersihkan, ingus akan mengeras dan menjadi kerak di dalam hidung. Kondisi tersebut tentu akan menyumbat lubang pernapasan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, orang tua disarankan untuk membersihkan hidung anak secara rutin menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat.

3. Gunakan alat penyedot ingus

Alat penyedot ingus cocok digunakan pada anak di bawah 6 bulan. Sebelum menyedotnya, gunakan obat tetes terlebih dulu, agar lendir menjadi lebih encer.

Penggunaannya dimasukkan ke bagian dalam hidung, kemudian pencet bagian alat yang menggembung. Setelah melepaskannya, ingus akan tersedot ke dalam alat. 

4. Beri sup hangat

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, ibu bisa memberikan si kecil sup hangat dengan bumbu bawang putih. 

Pasalnya, berdasarkan penelitian dari Journal of Clinical Nutrition, senyawa allicin dalam bawang putih membantu sistem kekebalan tubuh. 

Sementara vitamin C mempercepat proses penyembuhan hidung tersumbat. Memberi sup hangat adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa ibu lakukan di rumah, tanpa perlu melakukan kunjungan ke dokter.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Mengalami Batuk Berdarah! Kenali Penyebabnya Dulu

5. Nasal drop selain obat flu

Melansir dari laman Nationwide Children’s Hospital, alternatif lain dari obat oral adalah pemberian nasal drop yang memiliki kandungan oxymetazoline 0.25 mg. Selain berbentuk nasal drop, oxymetazoline juga bisa ditemukan dalam bentuk spray atau semprotan.

Satu hal yang perlu ibu ingat, jangan lupa untuk selalu membaca dahulu aturan pakai dan jangka waktu penggunaan dari setiap produk pada label kemasan.

Itulah beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Jika sejumlah langkah tersebut tidak dapat mengatasi, disarankan untuk segera membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit.

Selanjutnya: Ketahui Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru