HOME, Bugar

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

MOMSMONEY.ID - Buka puasa adalah momen yang paling dinanti saat menjalani ibadah puasa. Di Indonesia, ada sebutan untuk menunggu waktu berbuka atau ngabuburit.

Momen ngabuburit biasanya diisi dengan jalan-jalan sore, atau kegiatan menyenangkan lainnya, agar menunggu berbuka tak lagi membosankan.

Nah, bagi Anda yang suka ngabuburit, berikut pilihan olahraga saat puasa yang bisa dilakukan sambil menunggu azan magrib.

Salah satunya seperti jalan santai yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, tanpa perlu mengeluarkan banyak keringat dan energi.

Olahraga yang satu ini ideal dilakukan saat sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah rasa lemas. 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Tubuh Dehidrasi Saat Berpuasa

Dilansir dari Health Focus, berikut adalah beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, antara lain: 

1. Tai chi

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit pertama adalah tai chi. Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa.

Tai Chi merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

2. Jalan santai

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit kedua adalah jalan santai. Saat puasa hindari olahraga yang bisa membuat Anda mudah berkeringat.

Jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa Anda pilih. Sebab, olahraga ini dapat menjaga kesehatan jantung, bagian otot tertentu, serta tulang.

3. Bersepeda sore hari

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit ketiga adalah bersepeda sore hari. Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa Anda coba ketika berpuasa.

Sebab, bersepeda diketahui memiliki berbagai manfaat, seperti dapat mengencangkan otot sekaligus menyehatkan jantung.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

4. Joging

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit ketiga jogging. Joging sebenarnya mirip dengan berjalan santai, tapi dengan ritme yang sedikit lebih cepat.

Tidak perlu khawatir, joging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

5. Yoga

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit keempat yoga. Bagi Anda yang suka bergerak tapi tanpa berkeringat berlebih, yoga bisa menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya, selain bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kelenturan tubuh, yoga juga bisa memperbaiki citra tubuh.

Meski beberapa olahraga yang disebutkan sebelumnya ringan, tetapi Anda juga harus menjaga intensitas agar tidak terlalu kelelahan dan dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News