HOME, Bugar

Olahraga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Berlebih

Olahraga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Berlebih

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Olahraga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Namun, agar olahraga bisa menurunkan darah tinggi dan kolesterol dari dalam tubuh harus dilakukan dengan syarat tertentu. Hal ini terbukti dari Studi ilmiah dari American Heart Association.

Studi ilmiah dari American Heart Association sudah menemukan bukti bahwa olahraga bisa menurunkan darah tinggi dan kolesterol dari dalam tubuh.

Studi tersebut mencatat, perubahan gaya hidup melalui olahraga diyakini dapat membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol pada orang-orang yang memiliki risiko penyakit jantung ringan hingga sedang.

Studi ini menawarkan panduan bagi dokter agar memberikan resep kepada pasien penyakit jantung untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Menurut peneliti vaskular dan ketua studi, Bethany Barone Gibbs, panduan ini memang tidak biasa dilakukan oleh para dokter.

Sebab, dokter hanya meresepkan obat kepada pasien, tidak menyarankan pasien untuk mengubah gaya hidup, termasuk olahraga guna menurunkan darah tinggi dan kolesterol dari dalam tubuh.

"Kami ingin memastikan semua dokter diberdayakan dan menghilangkan rasa takut pasien akan aktivitas fisik, karena pasien tidak harus pergi ke gym atau berlari setiap hari," sebut Gibbs.

"Buat orang yang tidak aktif, berolahraga 30 menit dalam seminggu dapat memberikan manfaat kesehatan," tambah profesor yang bekerja di departemen kesehatan dan pembangunan manusia di University of Pittsburgh itu.

"Kami ingin mengarahkan dokter untuk menyadari aktivitas fisik adalah opsi yang baik, membantu mengobati kolesterol dan tekanan darah tinggi."

Baca Juga: Perlu Diketahui Sejak Dini, Ini Tanda Kelelahan Pernikahan

Sekitar 53 juta (21 persen) orang dewasa di Amerika mengalami peningkatan tekanan darah, menurut pedoman yang dirilis pada 2017. Kenaikan tekanan darah itu dilihat dari hasil yang menunjukkan tekanan darah sistolik di angka 120-139 mmHg, dan tekanan darah diastolik di angka 80-89 mmHg.

Para peneliti menduga, sekitar 71 juta (28 persen) orang Amerika memiliki kadar kolesterol yang sedikit lebih tinggi, di mana angka LDL atau kolesterol jahat lebih tinggi dari 70 mg/dl. Peningkatan kolesterol dan tekanan darah sering terjadi bersamaan, dan kedua kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung.

Karena itulah, gagasan menjadikan olahraga untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol muncul. Olahraga dinilai lebih mudah diterapkan pasien ketimbang menurunkan berat badan atau mengubah pola makan.

"Banyak orang tidak ingin memulai pengobatan, jadi olahraga ini adalah hal yang dapat memberikan motivasi pada pasien," kata Gibbs.

"Seorang dokter yang memberikan resep berupa aktivitas fisik akan benar-benar memotivasi pasien. Pasien akan menganggap hal itu dengan lebih serius."

Agar olahraga bisa membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol, cermati hal-hal berikut ini:

  • Durasi olahraga yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol

Lalu, berapa lama durasi olahraga untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol? Physical Activity Guidelines merekomendasikan aktivitas olahraga intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu, aktivitas intensitas tinggi 75-150 menit per minggu, atau kombinasi kedua aktivitas tersebut bisa membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol. "Sebenarnya, peningkatan paling besar terlihat dari orang yang tidak bergerak lalu mulai sedikit berolahraga," jelas Gibbs.

Menurut para peneliti, olahraga dalam waktu singkat juga dapat memberikan manfaat bagi orang yang memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi. Asalkan olahraga untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol ini berlangsung secara rutin.

  • Jenis olahraga yang tepat untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol

Olahraga seperti aerobik dan latihan ketahanan (resistance) dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Gibbs mengatakan, bagi orang yang sama sekali tidak berolahraga, jalan cepat adalah pilihan terbaik untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Sebab, hampir semua orang mengetahui cara melakukan jalan cepat. Olahraga ini juga bisa dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari guna membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol, tanpa memerlukan peralatan apa pun.

Jika kita memiliki aplikasi pelacak aktivitas di ponsel atau jam tangan pintar (smartwatch), kita bisa mengukur jumlah langkah saat melakukan jalan cepat. Lalu dari situ, tingkatkan jumlah langkah kita sedikit demi sedikit, menurut Gibbs.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, aktivitas fisik ringan seperti olahraga jalan kaki, berkebun atau mengerjakan tugas rumah adalah kunci untuk memperoleh manfaat dari berolahraga.

Baca Juga: Sakit Asam Lambung BIsa Diredakan Dengan Air Rebusan Daun Kemangi

  • Olahraga untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol harus dilakukan jangka panjang

Disebutkan Gibbs, untuk mencapai perubahan yang signifikan terutama dalam membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol, kita membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak kita melakukan olahraga teratur.

Studi menemukan, butuh beberapa bulan untuk melihat perbedaan kadar kolesterol dan tekanan darah kita setelah melakukan olahraga. "Kami menganjurkan agar para dokter, perawat, dan siapa pun yang berhubungan dengan pasien untuk sungguh-sungguh meresepkan olahraga."

"Sebab, sejujurnya olahraga itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bisa mengobati hampir semua hal," terang Gibbs.

Itulah bukti olahraga dapat membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol. Jadi, selain mengandalkan obat, jalani olahraga secara rutin untuk membantu menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Studi: Olahraga Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol",

Penulis : Gading Perkasa
Editor : Wisnubrata

Selanjutnya: Hospital Playlist 2 Tayang Perdana, Rating Drakor Terbaru Molonjak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News