HOME, Bugar

Olahraga Aman untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga Kehamilan

Olahraga Aman untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Menjadi ibu hamil bukan berarti tidak boleh melakukan olahraga. Untuk menjaga kebugaran serta melatih kekuatan otot, terdapat beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan tentunya aman.

Melansir dari Healthline, inilah beberapa olahraga aman yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil khususnya yang sedang memasuki trimester ketiga kehamilan:

Jalan Kaki dan Jogging

Olahraga pertama yang aman dilakukan oleh ibu hamil di trimester ketiga adalah jalan kaki. Disebut sebagai olahraga terbaik untuk ibu hamil, Moms bisa melakukannya di lingkungan sekitar rumah. Agar tidak bosan, moms bisa mengajak suami untuk menemani berjalan kaki ketika sedang senggang.

Baca Juga: Ibu Hamil, Inilah Makanan yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisimu

Jika jalan kaki dirasa kurang, moms bisa beralih ke jogging. Jogging masih bisa Moms lakukan selagi durasi dan intensitasnya diperhatikan. Jangan melakukan jogging terlalu lama dan terlalu cepat.

Apabila ketika sedang jogging tubuh moms terasa tidak enak, maka jangan dipaksakan. Moms bisa memperlambat gerakan atau berhenti pada saat itu juga.

Berenang dan Aerobik Air

Bagi moms yang memiliki kolam renang, Moms tentu saja bisa memanfaatkannya untuk berenang. Selain mampu melatih tubuh, berenang juga dapat menjadi terapi untuk meredakan sakit dan nyeri pada tubuh moms. Hal tersebut dikarenakan air mampu menghilangkan tekanan dari kaki dan punggung yang lelah.

Selain berenang, aerobik air pun tak kalah menariknya untuk Moms lakukan. Moms bisa mengikuti kelas zumba air untuk membantu melatih tubuh dengan cara menari bersama air.

Baca Juga: Tips Rangsang Gerakan Janin untuk Ibu Hamil

Yoga

Yoga adalah solusi olahraga terbaik untuk moms yang sering merasa cemas atau depresi ketika sedang hamil. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Complementary Therapies in Clinical PracticeTrusted Source, sekelompok ibu hamil dengan kondisi depresi berhasil mengalami perbaikan suasana hati setelah mengikuti kelas yoga selama 20 menit pada minggu 22-34 kehamilan.

Tak hanya berpengaruh pada mental, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa yoga telah berhasil menurunkan risiko kelahiran prematur dan sesar.

Bodyweight Workout

Memasuki trimester ketiga, berat badan pun otomatis bertambah.

Untuk membiasakan diri sekaligus mempertahankan kekuatan otot, moms bisa melakukan bodyweight workout. Moms dapat melakukan gerakan squat (jongkok) dan wall push-up (push-up dinding).

Moms juga dapat melatih kekuatan lengan dengan bantuan barbel seberat 2-3 pon. Dengan barbel tersebut, moms bisa melakukan gerakan basic bicep curls, lateral raises, dan triceps work.

Sekian beberapa olahraga aman yang bisa membuat moms tetap bugar ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Jika moms bugar, maka bayi pun akan ikut sehat. Namun, jangan dipaksakan ya moms apabila tidak kuat dan merasa sangat kelelahan.

Selanjutnya: Hal yang Perlu Diterapkan dalam Setiap Tahapan Vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News