HOME, Bugar

Obat Alami yang Ampuh Meredakan Migrain

Obat Alami yang Ampuh Meredakan Migrain

MOMSMONEY.ID - Sakit kepala bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsi obat pereda nyeri hingga menggunakan obat sakit kepala alami yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah.

Selain dengan obat, Anda juga bisa mencoba beberapa langkah sederhana untuk meredakan sakit kepala, seperti yoga dan aromaterapi. Sakit kepala umumnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, keluhan ini terkadang bisa membuat orang yang mengalaminya sulit beraktivitas. Tak heran, banyak orang yang memilih untuk langsung mengonsumsi obat pereda sakit kepala yang banyak dijual bebas seperti paracetamol dan ibuprofen.

Namun, selain dengan mengonsumsi obat-obatan medis, sakit kepala juga bisa diatasi dengan obat sakit kepala yang bersifat alami. Ada beberapa macam obat sakit kepala alami yang dianggap ampuh untuk meredakan atau mengatasi sakit kepala, sebagai berikut.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur Bisa Melemahkan Sel Kanker

1. Jahe

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi sakit kepala tegang dan migrain. Beberapa studi menyebutkan bahwa bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sebanding dengan sumatriptan, yaitu salah satu jenis obat sakit kepala migrain.

2. Kafein

Kafein yang terkandung pada minuman kopi dan teh juga dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk meringankan sakit kepala. Meski demikian, Anda perlu waspada saat menggunakan kafein sebagai obat sakit kepala alami karena konsumsi kafein terlalu banyak justru bisa menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kafein lalu berhenti mengonsumsinya juga bisa memicu gejala putus zat kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga mampu mencegah dan meringankan sakit kepala migrain. Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat sakit kepala alami, Anda bisa mengonsumsi segelas air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok teh madu.

Baca Juga: Luar Biasa! Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

4. Teh herbal

Teh herbal yang terdiri dari berbagai macam jenis tumbuhan sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi beberapa keluhan, termasuk sakit kepala. Beberapa macam teh herbal juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis teh herbal yang dipercaya bisa mengatasi sakit kepala secara alami adalah teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh lavender, dan teh bunga krisan.

4. Minyak Lavender

Ternyata tanaman yang satu ini tak hanya berguna untuk kehalusan kulit dan mengusir nyamuk. Coba teteskan 5-6 minyak lavender ke dalam 5-6 gelas air yang dididihkan. Masukkan cairan ke dalam mangkuk dan hirup aromanya perlahan.

Tubuh akan terasa lebih rileks dan ketegangan di otot bahu dan leher mengendur.  Bisa juga dengan cara memijat pelan-pelan bagian dahi menggunakan minyak lavender. 

Selanjutnya: Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News