HOME, Bugar

Obat Alami Sembuhkan Ambeien, Moms Wajib Tahu!

Obat Alami Sembuhkan Ambeien, Moms Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Ambeien disebut juga hemoroid biasanya menandakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dekat anus, dikutip dari Everyday Health. Penyebab ambeien pun beragam seperti kekurangan serat, duduk terlalu lama, atau kehamilan.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya gumpalan dekat anus, buang air besar (BAB) berdarah, dan rasa gatal pada anus yang disertai nyeri. 

Untuk meredakan gejala ambeien, Anda bisa mencoba berbagai obat alami. Di bawah ini beberapa obat alami untuk sembuhkan ambeien. 

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesik pada minyak ini pun berpeluang mengurangi rasa tidak nyaman akibat wasir. Sementara itu, efek pencahar pada minyak kelapa juga membantu meredakan kondisi sembelit. 

Baca Juga: Obat alami dan cara membantu meringankan gejala batu ginjal

2. Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang bisa dijadikan obat herbal untuk meredakan ambeien. Bahan alami ini terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat. 

Kandungan asam asetat dalam cuka apel diduga dapat membantu mengecilkan jaringan. Selain itu, jenis asam ini bersifat anti-bakteri. Itu sebabnya, beberapa orang percaya bahwa cuka apel bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan pada ambeien.  

3. Witch hazel

Dikenal sebagai bahan dalam produk toner, witch hazel ternyata termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal wasir. Hal ini dikarenakan witch hazel mengandung zat tanin yang diklaim bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri. 

Maka dari itu, pemakaian witch hazel mungkin dapat mengurangi rasa gatal dan sakit yang dialami penderita ambeien. Anda bisa mendapatkan witch hazel sebagai obat alami ambeien dalam bentuk tisu, sabun anti-gatal, atau cairan. 

Baca Juga: Moms, Ini 5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

4. Garam epsom dan gliserin

Sebenarnya, kebanyakan dokter merekomendasikan penderita wasir untuk duduk dalam rendaman air hangat selama 15 menit. Hal ini dilakukan beberapa kali sehari terutama setelah buang air besar.

Metode yang dikenal dengan Sitz bath ini diklaim dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan peradangan yang dialami wasir. 

5. Lidah buaya

Obat alami untuk wasir selanjutnya yakni gel lidah buaya. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang menawarkan sensasi sejuk yang bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah yang meradang.

Kandungan arakuinon pada lidah buaya pun memiliki khasiat mengencangkan dinding saluran pencernaandan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Obat herbal ini pun berpotensi dapat mencegah sembelit yang bisa menyebabkan ambeien. 

Walaupun demikian, obat alami untuk ambeien ini bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh sebab itu, selalu lakukan tes tempel pada kulit sebelum menggunakan lidah buaya. 

Selanjutnya: Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News