HOME, Bugar

Nyeri Dada Sebelah Kiri, Ini 4 Kemungkinan yang Anda alami

Nyeri Dada Sebelah Kiri, Ini 4 Kemungkinan yang Anda alami

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Banyak orang yang mengira bahwa nyeri dada sebelah kiri menunjukkan serangan jantung. Hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun, rasa nyeri yang muncul di bagian dada itu juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan jika nyeri dada dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah. Mulai dari sesak napas, pusing, mual, muntah, dan rasa sakit yang menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan untuk benar-benar menentukan kondisi Anda. Nantinya, perawatan akan disesuaikan dengan penyebab nyeri dada. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Miokarditis

Miokarditis adalah kondisi di mana otot jantung mengalami inflamasi atau peradangan. Mengutip Healthline (healhtline.com), miokarditis ringan biasanya tak membutuhkan perawatan apa pun. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan gejala-gejalanya, seperti sesak napas, kelelahan, atau detak jantung yang tak beraturan.

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Daihatsu Ayla Varian Ini Semakin Murah, Yuk Cek Moms

Serangan Panik

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh serangan panik, lo. Serangan panik datang secara tiba-tiba dan biasanya terus Anda rasakan dalam jangka waktu 10 menit. Kondisi itu dapat memicu serangan jantung sehingga nyeri dada pun Anda rasakan.

Selain menimbulkan rasa nyeri di bagian dada, serangan panik jug amenimbulkan gejala yang lain. Mulai dari sesak napas, pusing, detak jantung meningkat, mual, keluar keringat dingin, dan lain sebagainya.

Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi di mana paru-paru meradang akibat infeksi. Biasanya, nyeri dada akan lebih terasa saat Anda batuk atau menghirup napas yang dalam. Selain nyeri dada, tentu saja masih banyak gejala lain yang dapat Anda rasakan.

Mulai dari sakit kepala, nafsu makan turun, demam, kelelahan, batuk berdahak, dan lain-lain. Healthline merekomendasikan Anda untuk segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tersebut. Anda perlu banyak beristirahat dan minum banyak cairan agar kondisi kesehatan Anda tak memburuk.

momsBaca Juga: Mulai Rp 1 Jutaan, Catat Harga Sepeda Anak Pacific Hotshot Terkini

GERD

GERD juga bisa jadi penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Tahukah Anda bahwa GERD juga bisa jadi penyebab nyeri dada sebelah kiri? GERD adalah kondisi di mana katup antara kerongkongan dan lambung tak berfungsi dengan semestinya. Akibatnya, asam lambung dan makanan yang Anda konsumsi bisa kembali ke saluran pencernaan atas.

Kondisi itu mengakibatkan munculnya sensasi terbakar dari perut hingga mulut. Hal itulah yang membuat dada Anda terasa nyeri. Selain berkonsultasi dengan dokter, GERD juga bisa Anda atasi dengan menghentikan kebiasaan merokok, menurunkan berat badan, dan tidak mengonsumsi alkohol dan makanan pedas.

Selanjutnya: Cek 9 Drakor Rating Tertinggi Minggu ke-3 Juni, Mana yang Anda Tonton?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News