HOME, Bugar

Nutrisi Wajib yang harus Dikonsumsi saat Kehamilan Trimester Pertama

Nutrisi Wajib yang harus Dikonsumsi saat Kehamilan Trimester Pertama

MOMSMONEY.ID - Kehamilan trimester pertama dimulai pada hari pertama haid terakhir dan berlangsung hingga akhir minggu 12. Pada trimester ini, kebanyakan ibu hamil mengalami morning sickness alias mual berulang dan tak tertahankan.  

Kondisi ini bisa menjadi tanda awal kehamilan, apalagi disertai gejala fisik lain, seperti kram di bawah perut, sering buang air kecil, perubahan payudara, sakit kepala, sembelit, dan pendarahan. 

Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin pada trimester pertama. Pada masa inilah, janin tumbuh lebih cepat dari waktu-waktu lainnya. 

Berikut nutrisi yang harus dipenuhi selama kehamilan trimester pertama. 

Baca Juga: 4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Vitamin A 

Vitamin A untuk mendukung perkembangan mata dan sistem kekebalan tubuh janin. Bisa diperoleh dari buah dan sayuran. 

2. Asam folat

Asam folat untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang bayi. Bisa diperoleh dari sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, dan kale), buah jeruk, serta kacang-kacangan. Suplemen asam folat juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. 

3. Zat besi 

Zat besi untuk membangun hemoglobin yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh ibu hamil dan janin. Nutrisi ini bisa diperoleh dari daging merah tanpa lemak, ayam, ikan, sayuran hijau (seperti bayam, brokoli), dan kacang-kacangan. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Perubahan Tubuh Saat Hamil Muda

4. Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan Vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga berfungsi melancarkan peredaran darah serta kerja sistem otot dan saraf janin. Nutrisi ini bisa diperoleh dengan konsumsi brokoli, kale, ikan (seperti teri, sarden, dan salmon), serta susu dan produk olahannya. 

5. Protein

Protein untuk membentuk sel-sel baru pada janin. Bisa diperoleh dari telur, tahu, tempe, ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, susu, dan produk olahan susu lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan sumber protein sebanyak 2-3 porsi per hari.

Selanjutnya: 5 Hal yang Membuat Bayi Bahagia Saat di Dalam Perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News