HOME, Keluarga

Nomor Token yang Dibeli Hilang? Ini Cara Mengetahuinya Kembali

Nomor Token yang Dibeli Hilang? Ini Cara Mengetahuinya Kembali

MOMSMONEY.ID - Saat membeli token listrik, Anda pasti akan diberikan nomor kode tertentu yang harus dimasukkan ke meteran listrik. Nomor ini harus disimpan baik-baik supaya pengisian token berjalan lancar.

Namun, mungkin saja Anda pernah teledor sehingga tidak sengaja menghilangkan nomor tersebut atau lupa dengan nomor token tanpa sempat mencatatnya.

Jika hal di atas terjadi, jangan panik dulu. Ada beberapa cara tertentu yang bisa dilakukan untuk mengetahui kembali nomor token yang hilang atau terlupa. Yuk, simak caranya di bawah!

Baca Juga: Cara Membeli Token dan Membayar Tagihan Listrik Lewat Aplikasi Gojek

Hal yang harus disiapkan

Dilansir dari Tokopedia, Anda perlu menyiapkan nomor meter atau ID pelanggan dan tanggal/waktu pembelian token listrik terlebih dahulu.

Setelahnya, barulah Anda bisa mencari tahu nomor token yang sebelumnya sudah dibeli.

Mencetak ulang

Jika Anda membeli token listrik di gerai offline seperti minimarket, Anda bisa kembali ke tempat tersebut dan meminta petugasnya untuk mencetak ulang nomor token listrik yang sudah dibeli.

Namun, jika Anda membeli token listrik di tempat lain atau kebetulan berjarak jauh dari tempat pembelian token, coba cara lainnya di bawah ini.

Menghubungi call center PLN

Anda dapat mencoba menghubungi call center PLN untuk mengetahui kembali nomor token listrik yang hilang.

Caranya, hubungi PLN di nomor 123 dengan kode area tempat tinggal Anda di awal. Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, hubungi nomor 021-123.

Lalu, ceritakan masalah Anda dan sebutkan nomor meter atau ID pelanggan. Petugas call center akan memberikan informasi mengenai waktu pembelian token dan nomor token listrik yang hilang.

Baca Juga: Pelanggan Baru, Ini Caranya Pasang Listrik PLN di Rumah Secara Online

Membuka aplikasi PLN Mobile

PLN memiliki aplikasi bernama PLN Mobile yang mengakomodasi semua layanan kelistrikan, termasuk membeli token listrik. Jadi, riwayat transaksi Anda akan tercatat di aplikasi ini.

Caranya, unduh dan buka aplikasi PLN mobile di ponsel Anda. Lalu, pilih menu Informasi dan pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.

Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter pada kolom yang tersedia. Jika nomor sesuai, akan muncul informasi mengenai pembelian token terakhir beserta nomor token listrik yang Anda cari.

Mengakses laman web PLN

Jika Anda tidak bisa menggunakan aplikasi PLN, cobalah untuk mengakses laman web PLN di web.pln.co.id untuk mencari tahu nomor token Anda.

Caranya, buka web PLN, lalu cari menu Informasi Pelanggan. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, kemudian klik Cari.

Jika nomornya sesuai, informasi mengenai transaksi pembelian Anda akan ditampilkan di layar, termasuk nomor token listrik yang Anda cari.

Mengirim surel ke PLN

Selain menghubungi call center, Anda juga bisa menghubungi PLN melalui alamat surel atau e-mail di pln123@pln.co.id.

Isilah subyek e-mail sesuai dengan permasalahan yang Anda alami, kemudian tuliskan permasalahan Anda secara rinci melalui body e-mail.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kembali nomor token listrik yang hilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News