Santai

Ngopi Mantap di Warung Kopi Asiang yang Legendaris di Pontianak

Ngopi Mantap di Warung Kopi Asiang yang Legendaris di Pontianak

MOMSMONEY.ID - Warung Kopi Asiang jadi kedai legendaris yang wajib dikunjungi di Pontianak. Keunikannya, kopi di tempat ini diracik tanpa menggunakan baju.

Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, punya julukan kota seribu warung kopi. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat ngopi di sini. 

Nah, salah satu tujuan wajib para penggemar kopi adalah Warung Kopi Asiang. 

Warung  ini sudah eksis sejak 1958, atau berusia lebih dari 60 tahun. Nama Warung Kopi Asiang diambil dari nama  pemiliknya: Yohanes Fendi, yang kerap dipanggil Koh Asiang.

Wandi, anak Fendi, bercerita, kedai ini didirikan oleh sang kakek, sementara ayahnya hanya ikut membantu. Selanjutnya, warung ini dikelola sendiri oleh Asiang dan terus tumbuh.

Awalnya, mereka mulai dari gerobak kopi, dan kini wujudnya jadi 3 ruko.

Baca Juga: Pecak Mpok Minun Bikin Lidah Berdecak

Ciri khas Kopi Asiang adalah kita bisa menonton pemiliknya meracik kopi dengan bertelanjang dada. Sembari menyiapkan kopi, Asiang juga berbincang dengan pembeli.

Wandi mengaku tak mengetahui secara pasti apa yang menjadi daya tarik kedai ini sehingga ramai dikunjungi banyak orang.

"Kalau di sini kami prinsipnya jual kualitas," ujarnya.

Namun, dia  menduga, meracik kopi tanpa memakai baju ini jadi cara ayahnya supaya pengunjung mendapatkan kesan saat ngopi di sini.

"Bisa jadi, supaya orang ingat, punya pengalaman atau kesan pada kopi yang disediakan. Keunikannya dibikin tanpa pakai baju," terangnya.

Sejak cara tersebut dilakukan, Warung Kopi Asiang jadi ramai. Hingga kini, warung kopi ini banyak dikunjungi pejabat hingga public figure.

Baca Juga: Pedas Manis Sate Legendaris Sate Plecing Arjuna Bali

Di tempat ini banyak menu tersedia. Namun, menurut Wandi, menu  yang paling banyak dipesan adalah kopi susu, es kopi susu, kopi hitam, dan kopi 3 in 1. 

Sementara, menu makanan yang paling laris adalah roti srikaya, bolu singkawang, hingga jajanan tradisional. Di kedai ini terdapat etalase berisi berbagai makanan yang bebas Anda pilih.

Kami  memesan kopi susu dengan roti srikaya. Tampilannya sangat sederhana, hanya kopi susu yang disajikan dalam gelas kecil dan sepiring roti srikaya. Aroma kopi ini wangi.

Begitu diseruput, hangat serta rasa pahit dari kopinya langsung terasa. Meski begitu, rasa manis dari susu pun cukup menetralkan rasa pahit.

Coba juga roti srikayanya. Rotinya empuk, begitu disantap, selainya terasa sangat manis. Jadi, terasa mantap dipadu  dengan kopi susu. Menu-menu di tempat ini cocok dijadikan menu sarapan atau  camilan.

Buka jam 3 pagi

Waktu masih pagi saat kami mendatangi kedai ini, pukul 07.30 WIB, tetapi Warung Kopi Asiang sudah ramai. Bahkan, terlihat orang-orang yang mengantre untuk dapat meja.

Baca Juga: JJ Ramen, Mi Ramen Gang Sempit Rasa Selangit

Wandi mengaku, saat itu memang terdapat tiga rombongan yang tengah berkunjung. Meski begitu, Wandi bercerita biasanya tempat ini memang selalu ramai. 

"Ramainya kurang lebih sama. Kalau weekend lebih ramai lagi," katanya.

Banyaknya pengunjung bikin karyawan hilir mudik melayani. Padahal, menurut Wandi, saat ini ada 17 karyawan Warung Kopi Asiang. 

Itu belum tidak termasuk Wandi, yang 5 tahun terakhir membantu operasional kedai. 

Wandi tak bisa memperkirakan secara pasti berapa jumlah pengunjung setiap harinya. Tetapi, dalam sehari mereka bisa melayani sekitar 800 hingga 1.000 gelas kopi.

Pengunjung yang datang berasal dari berbagai usia, dari   anak muda, lansia, karyawan kantor, pejabat berbatik dan  anggota partai. Semua ramai memadati warung kopi ini.

Menurut Wandi, waktu yang dihabiskan pengunjung di kedai ini berbeda-beda. "Kalau anak muda  duduknya lebih lama," katanya.

Baca Juga: Mencecap Nikmat Soto Djadoel H Yanto

Meski dipadati pengunjung tak menyurutkan niat Rahim, salah satu pengunjung, mendatangi tempat ini. 

Warung Kopi Asiang jadi pilihan karena tempatnya yang iconic serta kopinya yang enak. Banyaknya orang pun tak menjadi persoalan baginya. 

"Tidak apa-apa, lebih merakyat," kata Rahim yang kerap pesan kopi susu dan telur rebus untuk sarapan.

Nah, menu-menu di tempat ini bisa dipesan melalui ojek online. Harganya terjangkau. Minumannya mulai Rp 7.000 hingga Rp 16.000. Sementara, harga makanannya ada yang mulai dari Rp 3.000.

Setiap hari, Warung Kopi Asiang buka dari jam 03.00 hingga 17.00 WIB. 

"Dulu bukanya sempat dari jam 3 pagi sampai jam 1 siang. Sekarang diperpanjang dari jam 3 pagi sampai jam 5 sore," kata Wandi. 

Warung Kopi Asiang
Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Pontianak, Kalbar 
Telp.  081317181918
Koordinat GPS: -0.028979, 109.340886

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News