Santai

Naik Jabatan, Ini Gelar dan Tugas Baru Pangeran William dan Putri Kate Middleton

Naik Jabatan, Ini Gelar dan Tugas Baru Pangeran William dan Putri Kate Middleton

MOMSMONEY.ID - Raja Charles III secara resmi dinobatkan sebagai pengganti Ratu Elizabeth II pada Sabtu, 10 September 2022. Tepat dua hari setelah mangkatnya Ratu Elizabeth II, ibunda Raja Charles III. Penobatan Raja Charles III sekaligus mempengaruhi posisi putra sulungnya, Pangeran William dan anak menantunya Kate Middleton. 

Pangeran William kini memiliki gelar Duke of Cornwall, gelar yang sebelumnya dimiliki oleh Raja Charles III. Sementara itu Kate Middleton sebagai istri William akan mendapatkan gelar Duchess of Cornwall yang sebelumnya dimiliki oleh Camilla Parker, istri Raja Charles III sekaligus mertua Kate. 

Tak hanya itu, William dan Kate juga mendapatkan dua gelar lainnya yaitu Duke dan Dutchess of Rothesay serta Prince dan Princess od Wales. Lalu, apa arti dari gelar tersebut?

Baca Juga: Raja Charles III Naik Tahta, Ini Kisah Lady Diana Istri Pertamanya

Prince William Duke of Cornwall dan Princess Kate Middleton Duchess of Cornwall

BRITAIN-ROYALS/QUEEN

Melansir cornwalllive.com, gelar ini memberikan tugas dan tanggung jawab baru bagi Pangeran William dan Kate Middleton untuk mengelola Duchy of Cornwall. Gelar ini juga menunjukan bahwa Pangeran William adalah pewaris tahta atau putra mahkota Kerajaan Inggris. 

Duchy of Cornwall adalah perusahaan pribadi miliki keluarga kerajaan yang didirikan oleh Raja Edward III di tahun 1337 untuk Pangeran Edward. The Duchy memiliki sekitar 52.449 hektar lahan di Cornwall yang terdiri dari pertanian, peternakan, perumahan, properti komersial, hutan dan wilayah tambang. 

Gelar William dan Kate sebagai Duke dan Duchess of Rothesay

Gelar ini digunakan oleh Pangeran William dan Putri Kate Middleton saat bertugas di Skotlandia. 

BRITAIN-ROYALS/QUEEN

William, Prince of Wales dan Kate Middleton, Princess of Wales

Raja Charles III juga memberikan gelar ini kepada anak tertuanya dan menantunya. Sebelumnya, gelar Putri Wales ini digunakan oleh mendiang ibu Pangeran William yaitu Lady Diana. Gelar ini tidak digunakan oleh istri kedua Raja Charles, Camilla. 

Baca Juga: Naik Tahta, Bagaimana Peran Raja Charles III dalam Pemerintahan Inggris

Melansir princeofwales.gov.uk, tugas utama dari Pangeran Wales adalah mendukung dan membantu kegiatan Raja yang bertahta, mengutamakan persatuan, kesetiaan dan menyatukan seluruh masyarakat, bertaggungjawab menjaga stabilitas dan keberlanjutan serta mengutamakan pelayanan sukarela dengan memberikan dorongan dan teladan. Dalam beberapa tugas kenegaraan, Pangeran dan Putri Wales bisa mewakili Raja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News