HOME, InvesYuk

Murah dan Mudah, Tapi Harus Tetap Waspada Investasi Emas Lewat Aplikasi

Murah dan Mudah, Tapi Harus Tetap Waspada Investasi Emas Lewat Aplikasi

MOMSMONEY.ID -  Membeli emas lewat platform aplikasi yang disediakan perusahaan teknologi finansial (tekfin), jelas menarik. Karena, selain mudah melakukannya, investasi emas di aplikasi tekfin juga tergolong murah.

Widya Yuliarti, Perencana Keuangan Komunitas Menyala menjelaskan, salah satu keunggulan berinvestasi emas di platform tekfin memang harganya yang terjangkau oleh kantong investor.

"Kelebihannya ya murah ya. Minimal investasi Rp 10.000.  Lalu, tidak perlu datang ke outlet untuk daftar dan jual beli," katanya. 

Selain itu, dengan mempercayakan membeli emas lewat tekfin, Anda diberi kemudahan dari sisi penyimpanan. Anda tidak perlu repot untuk mencari tempat yang  aman karena akan disimpankan oleh pihak tekfin. 

Baca Juga: Investasi Emas Menguntungkan Butuh 3 Tahun, Harap Sabar

Hanya saja,  orang yang terbiasa investasi secara fisik, mungkin akan merasa belum berinvestasi jika membeli emas dengan model seperti ini. "Kekurangan lainnya, jadi banyak biaya tambahan. Biaya adminlah, biaya titiplah. Belum lagi kalau mau cetak, ada biaya cetaknya juga," kata Widya. 

Selain itu, dengan nilai pembelian yang relatif kecil akan menjadi investasi yang tidak efektif. Apalagi jika tidak rajin melakukan top up. Widya menyarankan, sebaiknya jika ingin berinvestasi emas ini paling tidak membelinya minimal Rp 500.000. 

"Dan juga kalau memang investasi emas, minimal tiga tahun. Itu harga emasnya sudah oke," pesan Widya. 

Yang paling penting, Widya mengingatkan, jika Anda tertarik membeli emas lewat tekfin harus memperhatikan lisensi lembaga tersebut. Pilihlah yang memang sudah punya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).                

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Kembali Melemah, Jumat (17/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News