Keluarga

Muncul Lagi Subvarian Baru Omicron yang Lebih Menular, Namanya BQ.1 dan BQ.1.1

Muncul Lagi Subvarian Baru Omicron yang Lebih Menular, Namanya BQ.1 dan BQ.1.1

MOMSMONEY.ID - Waspada tingkat tinggi. Muncul lagi subvarian baru Omicron yang lebih menular dan sudah menyebar di banyak negara. Namanya: Omciron BQ.1 dan BQ.1.1.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), BQ.1 adalah subvarian Omicron BA.5 dengan tambahan mutasi spike K444T dan N460K. Sedang BQ.1.1 memiliki mutasi spike R346T.

Dalam Pembaruan Epidemiologi Mingguan Covid-19 yang terbit Kamis (27/10), WHO menyebutkan, Omicron BQ.1 dan BQ.1.1 sudah terdeteksi di 65 negara, termasuk Singapura. 

Kementerian Kesehatan Singapura dalam pernyataan Rabu (26/10) lalu mengungkapkan, ada 4 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi berasal dari Omicron BQ.1 dan BQ.1.1.

Baca Juga: Omicron XBB Masuk ke Indonesia, Kasus Harian Covid-19 Melonjak Kembali Tembus 3.000

BQ.1 dan BQ1.1 pertama kali terdeteksi pada Juli lalu di Nigeria.

"Meskipun keduanya saat ini hanya sebagian kecil dari kasus Covid-19 secara global, jumlah kasus BQ.1/BQ.1.1 baru-baru ini meningkat di beberapa bagian Eropa dan Amerika Utara," kata Kementerian Kesehatan Singapura, seperti dikutip Channel News Asia.

"Pengamatan dari negara-negara tersebut menunjukkan, BQ.1/BQ.1.1 mungkin lebih menular dari subgaris keturunan BA.5 sebelumnya, tetapi saat ini tidak ada bukti menyebabkan penyakit yang lebih parah," ungkap Kementerian Kesehatan Singapura.

Pekan lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memperkirakan, BQ.1 dan BQ.1.1 membentuk 16,6% dari total varian virus corona yang beredar di Amerika Serikat.

Menurut CDC, Omicron BQ.1 dan BQ.1.1 telah menyebar dengan cepat, terutama di New York.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News