Bugar

Mulai Sadari, Inilah 5 Tanda-Tanda Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Mulai Sadari, Inilah 5 Tanda-Tanda Penuaan Dini pada Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Mulai sadari dengan perubahan kulit wajah seiring bertambahnya usia Anda. Penuaan bisa dialami sejak dini jika Anda tidak merawat kesehatan kulit dengan tepat. Oleh karena itu, kenali beberapa tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Melansir dari natur-e.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Kerutan

Tanda-tanda penuaan dini alami yang banyak orang tahu adalah kerutan. Namun, jika muncul dalam area yang lebih luas dibanding perempuan lainnya yang sebaya, misalnya di sekitar mata dan mulut, bisa jadi merupakan tanda penuaan dini akibat efek buruk sinar matahari. Oleh sebab itu, selalu oleskan tabir surya di pagi hari sebelum beraktivitas, terutama di luar ruangan agar terlindung dari sinar UVA dan UVB.

2. Flek Hitam

Tanda penuaan dini selajutnya adalah flek hitam. Biasanya hal ini akan tampak pada kulit yang sering terpapar polusi dan sinar matahari. Menurut Dermatologis Dendy Engelman menjelaskan pada situs allure, sel-sel yang rusak oleh sinar UV akan memicu hiperpigmentasi dan menimbulkan bintik-bintik berwarna gelap pada permukaan kulit. Cegah sebelum terlambat dengan menggunakan tabir surya secara rutin.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Rangkaian Body Care, Dapatkan Kulit Sehat dan Cerah!

3. Kulit Kering dan Kusam

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan laju regenerasi sel. Akibatnya sel-sel kulit yang mati akan menumpuk di permukaan kulit dan menyebabkan wajah tampak kering dan kusam. Cara mengatasi kulit kering dan kusam adalah lakukan eksfoliasi secara teratur. Jika memiliki kulit yang sensitif, cukup lakukan sekali dalam seminggu agar kulit wajah tidak mengalami iritasi.

4. Kendur

Selain kerutan, kendur juga termasuk tanda-tanda penuaan dini. Namun bertambahnya usia dan hormon membuat jumlahnya menurun dan membuat kulit mulai kehilangan elastisitasnya. Selain menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, melakukan pijat wajah secara teratur juga dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang.

5. Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Tanda-tanda penuaan dini lainnya adalah lingkaran hitam di bawah mata. Kulit di area mata memang sudah tipis, tetapi seiring bertambahnya usia, teksturnya menjadi lebih tipis. Akibatnya, garis halus dan kerutan di area sekitar mata akan tampak semakin jelas. Atasi dengan tidur yang cukup setiap malam dan gunakan krim mata untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini di area kulit sekitar mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News