Santai

Mulai Perhatikan Yuk, Lakukan 5 Hal Ini agar Menstruasi Nyaman!

Mulai Perhatikan Yuk, Lakukan 5 Hal Ini agar Menstruasi Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Menstruasi menjadi waktu yang paling merepotkan bagi kebanyakan wanita, karena banyak hal yang harus menjadi perhatian khusus.

Tentu saja hal tersebut juga kemudian membuat aktivitas menjadi terganggu. Nah, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap nyaman saat datang bulan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib dilakukan para wanita saat sedang menstruasi.

Baca Juga: Body Butter vs Body Lotion, Ini Loh 4 Perbedaannya! Cari Tahu Yuk!

Mencuci tangan

Selalu cucilah tangan sebelum atau sesudah mengganti pembalut atau produk lainnya. Mencuci tangan menjadi hal penting yang wajib dilakukan untuk menghindari daerah kewanitaan terhindar dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel dan tersalur melalui tangan.

Hindari produk kewanitaan dengan parfum

Laman Healthy Women menjelaskan bahwa mengunakan produk kewanitaan seperti pembalut yang wangi, sabun, dan juga produk lainnya bisa membuat iritasi daerah kewanitaan.

Pastikan untuk tidak menggunakan produk kewanitaan yang mengandung wewangian atau parfum. Cukup gunakan air bersih saja untuk membersihkan area kewanitaan.

Baca Juga: Ini 4 Efek Terlalu Banyak Konsumsi Gula bagi Kulit! Bisa Bikin Jerawatan!

Mengganti pembalut dengan rutin

Untuk menjaga kebersihan dan higienitas daerah kewanitaan, penting untuk mengganti pembalut atau produk kewanitaan lainnya secara rutin. Pastikan untuk mengganti pembalut atau tampon dan produk lainnya selama dua hingga empat jam tergantung dari banyaknya flow menstruasi pada hari tersebut.

Olahraga dan istirahat cukup

Olahraga bisa membantu untuk mengurangi stress, rasa sakit atau kram menstruasi, dan juga memperbaiki kualitas tidur.

Tetap melakukan olahraga saat sedang dalam masa menstruasi disarankan oleh laman Prevention sebagai salah satu cara untuk terhindar dari kram menstruasi. Jangan lupa juga untuk beristirahat cukup juga ya saat sedang menstruasi.

Mencatat tanggal menstruasi

Catatan tanggal menstruasi yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan aplikasi berguna untuk mencatat siklus menstruasi bulanan. Selain bisa memantau kesehatan menstruasi, melalui siklus tersebut, wanita bisa mempersiapkan diri secara fisik dan juga emosi sebelum memasuki masa menstruasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News