HOME, Bugar

Mulai Hindari, 4 Bahan yang Sebaiknya Tidak Dipakai oleh Kulit Wajah

Mulai Hindari, 4 Bahan yang Sebaiknya Tidak Dipakai oleh Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Mulai perhatikan bahan atau produk perawatan kulit yang digunakan. Tanpa disadari ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari pada kulit wajah supaya kecantikan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Nah, agar tidak keliru, pahami 4 bahan yang sebaiknya tidak digunakan pada kulit wajah. Simak penjelasannya di bawah ini dikutip dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu:

1. Petroleum Jelly

Bahan yang sebaiknya tidak digunakan pada kulit wajah pertama yaitu petroleum jelly. Banyak orang yang memanfaatkan petroleum jelly sebagai pelembab alami wajah, namun bahan ini tidak direkomendasikan bagi kulit wajah. 

Jelly memang tidak memberikan efek buruk untuk kulit, tetapi petroleum sebenarnya berasal dari bagian bawah barel minyak bumi dan ini tidak baik untuk kulit. Apalagi untuk kulit yang berjerawatan karena dapat menyumbat pori-pori.

2. Pelembab Tubuh

Bahan selanjutnya yang tidak digunakan pada kulit wajah adalah pelembab tubuh. Anda perlu menggunakan skincare sesuai dengan fungsinya. Pelembap tubuh memang baik untuk tubuh, tapi tidak untuk wajah.

Sama seperti petroleum jelly, pelembap tubuh dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan break out pada wajah. Oleh karena itu gunakan pelembap sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Promo Tiket.com Tiket Pesawat & Hotel Internasional, Nikmati Diskon s.d Rp500.000

3. Sabun Batangan

Mungkin anda pernah memakai sabun batangan sebagai sabun cuci muka. Padahal, cara ini dapat merusak kulit karena kandungan yang dibutuhkan kulit tubuh dan wajah berbeda.

Sabun batang mengandung zat sodium lauryl sulfate yang membuat busa sabun menjadi banyak. Kandungan zat sodium lauryl sulfate menyebabkan kulit kering.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan sabun wajah khusus. Jika Anda tetap ingin menggunakan sabun batang disarankan untuk menggunakan sabun batang yang khusus digunakan pada area wajah.

4. Alkohol

Bahan yang tidak digunakan pada wajah lainnya adalah alkohol. Produk toner cukup banyak yang mengandung bahan alkohol.

Walaupun saat penggunaan wajah jadi lebih bersih dan segar, tetapi mengoleskan alkohol pada wajah akan menghilangkan semua minyak dan sebum pada kulit.

Hal ini akan menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak sehingga wajah semakin terasa berminyak.

Namun, beberapa produk yang mencantumkan alkohol tidak sepenuhnya alkohol karena beberapa di antaranya terbuat dari ekstrak tumbuhan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News