Bugar

Mulai Ada Flek Hitam? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Mulai Ada Flek Hitam? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah. Bintik kehitaman di wajah disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat kulit wajah terlalu banyak memproduksi melanin. 

Penyebabnya adalah paparan matahari, jaringan parut, penuaan, dan lain-lain yang tanpa disadari menyebabkan bintik hitam pada wajah.  Bagi sebagian orang, kemunculan bintik hitam di wajah yang membandel dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu penampilan. 

Adapun beberapa cara menghilangkan bintik hitam secara alami bisa dilakukan dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah. 

Namun, perlu diingat bahwa cara menghilangkan bintik hitam secara alami di bawah ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.  Dilansir dari Women Health, inilah beberapa cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah:

1. Pepaya

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah dengan menggunakan pepaya. Menghilangkan bintik hitam dapat dilakukan menggunakan eksfoliasi dari buah pepaya. 

Di dalamnya terkandung AHA yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga bintik hitam pun memudar.  

Baca Juga: Kurang Minum Air Putih Ganggu Kesehatan, Bisa Sampai Mengganggu Fungsi Otak lo

2. Madu

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah bisa pula dengan madu. Kandungan madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit. 

Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan yang baik untuk kulit sehingga mampu mencerahkan kulit, terutama yang terdapat noda bekas jerawat.  

Anda dapat mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit tipis-tipis. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3. Kunyit

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah berikutnya menggunakan kunyit. Kulit dapat menghambat produksi melanin kulit yang menyebabkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi. 

Caranya dengan menggunakan masker kunyit yang dicampur dengan madu. 

4. Cuka apel

Bintik hitam di wajah bisa disebabkan oleh efek samping penggunaan metode kontrasepsi. 

Manfaat cuka apel untuk wajah berasal dari kandungan asam asetat yang menurut sebuah hasil studi yang dimuat dalam NCBI mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih! Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Wajah

5. Minyak almond

Vitamin E dan niasin dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan memperbaiki warna kulit. Minyak almond mengandung non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan kulit. 

Ada berbagai cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di wajah yang bisa Anda lakukan. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan cara menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel, baik secara alami maupun rekomendasi dari dokter. 

Itulah beberapa cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News