Bugar

Mulai 28 Februari PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile, Perlu Registrasi Lagi?

Mulai 28 Februari PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile, Perlu Registrasi Lagi?

MOMSMONEY.ID - Mulai Selasa, 28 Februari 2023, aplikasi PeduliLindungi bakal bertransformasi menjadi SatuSehat Mobile. 

Mengutip faq.kemkes.go.id, SatuSehat Mobile merupakan nama baru dari aplikasi PeduliLindungi.

SatuSehat Mobile merupakan transformasi serta pengembangan dari aplikasi PeduliLindungi yang akan menjadi gaya hidup baru masyarakat.

SatuSehat Mobile adalah aplikasi kesehatan masyarakat dengan berbagai fitur dan layanan kesehatan yang datanya bersumber serta terintegrasi dengan SatuSehat Platform. 

Aplikasi ini akan menjadi gaya hidup baru masyarakat untuk tetap sehat dan makin sehat, dengan layanan kesehatan terintegrasi dalam satu aplikasi yang fitur-fitur ke depan enggak cuma Covid-19. 

Melalui SatuSehat Mobile, pengguna bisa mengakses sertifikat imunisasi anak dan vaksin selain COVID-19.

Baca Juga: Selain Covid-19, Waspada 2 Virus Mematikan Ini Sedang Menyebar

Kemudian, mendapatkan pengingat jadwal minum obat, mencatat informasi (diari) kesehatan pribadi, hingga mengakses resume rekam medis termasuk hasil pemeriksaan laboratorium.

"Melalui aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan layanan kesehatan terintegrasi, sehingga tidak perlu membawa rekam medis saat berpindah fasilitas pelayanan kesehatan karena berobat jadi lebih cepat dan gesit," tulis faq.kemkes.go.id.

Kenapa PeduliLindungi bertransformasi menjadi SatuSehat Mobile?

PeduliLindungi telah membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sejak digunakan secara masif pada April 2020. 

Oleh karenanya, Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk terus melindungi masyarakat dengan menghadirkan fitur dan layanan kesehatan terintegrasi yang bisa digunakan bahkan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Tahun ini, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Indonesia wajib terintegrasi dengan SatuSehat Platform. 

Baca Juga: Bertambah, Covid-19 Subvarian Kraken di Indonesia Jadi 6 Kasus

Sehingga, SatuSehat Mobile disiapkan sebagai tempat bagi masyarakat untuk mengakses resume rekam medis mereka secara digital melalui fitur Rekam Medis Elektronik (RME) yang nantinya akan tersedia dalam aplikasi.

Tentu, fitur-fitur Covid-19 masih tersedia di SatuSehat Mobile untuk memfasilitasi masyarakat beraktivitas dan bepergian dengan aman dan nyaman. 

Yang mencakup fitur check-in di ruang publik, tiket dan sertifikat vaksin Covid-19, serta hasil tes antigen dan PCR near real-time di laboratorium terafiliasi Kementerian Kesehatan.

Meski PeduliLindungi bertransformasi menjadi SatuSehat Mobile, pengguna tidak perlu melakukan registrasi atau membuat akun baru untuk menggunakan SatuSehat Mobile.

"Masyarakat yang telah memiliki akun PeduliLindungi dapat langsung login di SatuSehat Mobile dengan nomor ponsel atau e-mail yang sama yang telah didaftarkan sebelumnya," sebut faq.kemkes.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News