Mulai 27 Maret, MRT Jakarta Kembali Hadirkan Kereta Khusus Perempuan

Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:42 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai 27 Maret, MRT Jakarta Kembali Hadirkan Kereta Khusus Perempuan

ILUSTRASI. Penumpang menggunakan jasa transportasi massal MRT Jakarta,


MRT - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) kembali menghadirkan kereta khusus perempuan mulai tanggal 27 Maret 2023. Berdasarkan keterangan resmi, kereta khusus perempuan ini akan tersedia di gerbong paling depan atau car satu di rangkaian kereta saat jam sibuk.

Jam sibuk yang dimaksud adalah hari Senin-Jumat pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Terdapat beberapa alasan PT MRT Jakarta (Perseroda) menghadirkan kembali kereta khusus perempuan ini.

Baca Juga: MRT Jakarta Targetkan Angkut 70.000 Penumpang Per Hari

Pertama adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik pengguna MRT Jakarta, khususnya bagi pelanggan perempuan. Kedua, langkah ini merupakan upaya pencegahan tidak pelecehan di transportasi umum, khususnya di MRT Jakarta.

Ketiga, PT MRT Jakarta (Perseroda) berusaha untuk menciptakan pengalaman positif pengguna jasa. Terakhir adalah untuk meningkatkan rasa aman bagi para penumpang wanita di layanan MRT Jakarta.

Sementara fasilitas kereta khusus perempuan juga telah diterapkan di transportasi umum lain, seperti Commuterline dan Transjakarta. Di Commuterline, kereta khusus perempuan tersedia di gerbong paling depan dan gerbong paling belakang.

Sedangkan di Transjakarta, untuk bus reguler tersedia ruang khusus perempuan di bagian paling depan. Kemudian juga disediakan bus pink atau khusus perempuan yang beroperasi di beberapa rute atau koridor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MRT Jakarta Kembali Hadirkan Kereta Khusus Perempuan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru