Santai

Mulai 2024 NIK Jadi NPWP, Begini Cara Validasi NIK Menjadi NPWP

Mulai 2024 NIK Jadi NPWP, Begini Cara Validasi NIK Menjadi NPWP

MOMSMONEY.ID - Segera lakukan validasi NIK Anda untuk menjadi NPWP. Pasalnya Direktorat Jenderal Pajak akan memberlakukan NPWP dengan format baru ini mulai 2024. Simak cara validasi NIK menjadi NPWP di sini. 

Pada 14 Juli 2022 silam, Direktorat Jenderal Pajak telah memberlakukan NPWP dengan format baru. Bagi Anda wajib pajak orang pribadi penduduk Indonesia, NPWP saat ini tidak berlaku dan digantikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).  Lalu bagaimana cara validasi NIK jadi NPWP baru?

Baca Juga: Catat! Ini 5 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

Penggunaan NIK sebagai pengganti NPWP baru ini masih dilakukan secara bertahap. NPWP lama Anda masih bisa digunakan untuk mengakses layanan dan aplikasi DJP hingga 31 Desember 2023, masih ada waktu 1 tahun lagi untuk melakukan validasi NIK menjadi NPWP. 

Mulai 1 Januari 2024 NPWP lama Anda tidak berlaku lagi dan harus menggunakan NIK untuk melaksanakan kewajiban perpajakan. NIK ini terdiri dari 16 digit yang tercantum pada KTP Anda. Sehingga penduduk Indonesia yang sudah terdaftar sebagai Wajib Pajak dapat menggunakan NIK untuk login di situs pajak. 

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk bisa memvalidasi NIK menjadi NPWP? Anda hanya perlu melakukan pemutakhiran atau validasi (update) data secara mandiri di DJP Online. Periksa dan lengkapi profil Anda yaitu NIK, email dan nomor HP. 

Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk validasi NIK menjadi NPWP
1. Akses halaman djponline.pajak.go.id.
2. Login menggunakan NPWP dan kata sandi, serta masukkan kode keamanan.
3. Pilih pada menu Profil
4. Periksa bagian NIK/NPWP16 dan data pribadi lainnya. 
5. Periksa juga pada Data Lainya, Data KLU, dan Anggota Keluarga.
6. Jika ada data yang perlu diupdate akan ada pemberitahuan Perlu Dimutakhirkan
7. Pastikan Anda mengisi No KK serta pekerjaan saat ini. 
8. Kemudian pilih Cek Validasi, jika sudah Valid kini Anda tinggal pilih Ubah Profil.

Baca Juga: Ini Lima Pemain Muda di Piala Dunia Qatar 2022, Siapa Favorit Anda?

Jika sudah melakukan cara validasi NIK menjadi NPWP, kini data Anda di DJP sudah dimutakhirkan (update). Kini Anda bisa melakukan kewajiban perpajakan dengan menggunakan NIK sebagai NPWP baru.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News