Keluarga

Mudah Stres Karena Hal Sepele? Tiru 7 Cara Mengelola Stres Sehari-hari

Mudah Stres Karena Hal Sepele? Tiru 7 Cara Mengelola Stres Sehari-hari

MOMSMONEY.ID -  Ketidakpastian, tuntutan dan tekanan hidup dapat menyebabkan stres. Untuk menghadapinya, yuk ikuti cara mengelola stres sehari-hari!

Saat sedang stres, tubuh merespons dengan hormon berupa energi, fokus dan kekuatan yang disebut dengan respons fight-or-flight. Meski stres bisa memicu hal positif, namun stres yang datang setiap hari karena halhal sepele justru akan menjadi boomerang bagi kita.

Jika ingin mengelola stres sehari-hari, berikut tips yang bisa Momsmoney bagikan!

Lakukan sesuai kecepatanmu

Selalu membandingkan dirimu dengan orang lain bisa menjadi sumber stres. Maka untuk mengelolanya, lakukan semuanya berdasarkan kecepatan/ritme Anda sendiri.

Jalani harimu dengan santai, mulai dari bangun, bersiap, hingga bekerja. Jika Anda memulai hari dengan bangun kesiangan, maka akan merasa terburu-buru yang justru akan memicu stres pada hari itu.

Baca Juga: Hilangkan Beban Pikiran, Ini 7 Minuman Pereda Stres yang Bikin Mood Kembali Ceria

Hargai energimu

cara mengelola stres sehari-hari

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Manajemen Stres Akibat Kerja Berlebihan, Wajib Kamu Baca!

Melansir The Talko, hal terbesar yang bisa dilakukan setiap hari untuk mengelola stres harian adalah dengan menghargai energimu sendiri. Sebab tak semua orang dapat memiliki energi yang stabil setiap harinya.

Hari ini, Anda mungkin saja memiliki energi yang berlebihan sehingga dapat melakukan aktivitas dan bekerja menyelesaikan tugas tanpa merasa stres.

Tapi mungkin di esok hari, Anda bisa saja sedang tak memiliki energi, sehingga untuk menyelesaikan aktivitas harianmu, Anda membutuhkan energi tambahan. Namun meski begitu, hormati & hargai energimu sendiri. Jangan terlalu memaksakannya supaya rasa stres dapat dikelola dengan baik.

Latihan relaksasi

Herbert Benson, seorang professor Harvard Medical School mengatakan bahwa restons relaksasi merupakan kebalikan ari respons stres. Caranya adalah dengan memperlambat pernapasan, mengurangi detak jantung, lalu menurunka hormon stres Anda.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Membantu Anak Remaja Anda Mengatur Stres dengan Baik

Meditasi

Dr. Ramchandani, spesialis pengobatan integrative yang dikutip melalui Health Harvard Edu merekomendasikan latihan pernapasan dasar, seperti mengambil 10 napas masuk & keluar dengan lambat.

Bisa juga dengan latihan berimajinasi, membayangkan Anda sedang di tempat liburan favorit, atau sedang di alam terbuka yang indah.

“Bayangkan semua sensasi yang Anda alami di sana, pemandangan, suara ombak, aroma laut, dan angin yang menyapu kulit. tahan imajinasi ini selama beberapa menit dan perhatikan efek relaksasinya,” ujarnya.

Baca Juga: 6 Tips Atasi Rasa Cemas Menjelang Ujian untuk Pelajar, Mahasiswa, hingga Pekerja

Regangkan otot

Otot pasti akan tegang kalau Anda merasa stres. Maka salah satu cara mengelola stres sehari-hari yaitu dengan melakukan peregangan otot.

“Sambil duduk atau berdiri, tarik napas, angkat tanganmu ke atas, rapatkan jari, regangkan, lalu lepaskan jari, dan buang napas sambil menurunkan lengan di kedua sisi. Ulangi sampai 3 kali,” kata Dr Ramchandarni.

Hadapi tugas sulit

Menghindari hal-hal yang menyulitkan hidupmu justru akan membuat stres menumpuk. Alih-alih menghindari ataupun merasa takut, hadapi dengan berani & percaya diri supaya beban stres berangsur-angsur hilang.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

Terapi tertawa

Tertawa

Tertawa disebut-sebut sebagai ‘jogging internal” sekaligus sumber penyembuhan, menurut Dr. Willian Fry.

Tertawa merupakan cara untuk mengurangi hormon stres & menjadi ekspresi kegembiraan, optimisme, dan harapan.

Caranya mudah, cukup dengan menonton film/acara TV yang membuat Anda tertawa, atau sekedar bercanda dengan teman-teman sekitar.

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Ini 5 Manfaat Pelihara Kucing di Rumah

Seimbangkan bekerja & bermain

Meluangkan waktu bermain di tengah-tengah kesibukan Anda menjadi salah satu cara efektif dalam mengelola stres sehari-hari, menurut Kids Health.

Pastikan untuk menyediakan waktu sejenak menyelami hal-hal yang Anda sukai (seperti berolahraga, bermusik, bermain dengan hewan, atau bertemu teman). Meski hanya beberapa menit, namun cara ini sangat efektif untuk memulihkan tenaga & meredam hormon stres.

Jadi jika Anda rentan stres karena hal sepele, yuk ikuti beberapa cara mengelola stres sehari-hari dengan tips di atas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News