ads

Mudah! Perhatikan 2 Hal Ini untuk Bedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang

Sumber: WikiHow
Senin, 27 Desember 2021 | 15:08 WIB
Mudah! Perhatikan 2 Hal Ini untuk Bedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang

ILUSTRASI. Mudah! Perhatikan 2 Hal Ini untuk Bedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


MOMSMONEY.ID - Anda tentu sudah tahu bahwa ikan cupang tak bisa hidup berdampingan satu sama lain karena mereka adalah ikan yang sangat agresif. Saat dipertemukan, mereka akan berkelahi untuk menjadi penguasa. Kendati demikian, ikan cupang jantan dan betina tetap bisa dikawinkan, kok.

Namun, bagi pemula, mengetahui jenis kelamin ikan cupang cukup sulit karena rata-rata ikan memiliki bentuk yang sama. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut adalah cara mudah membedakan kelamin ikan cupang berdasarkan 2 hal ini.

Baca Juga: Rekomendasi Macam-Macam Tanaman Air untuk Aquascape Pemula

Berdasarkan Penampilan

Saat ikan cupang masih muda, antara betina dan jantan tampak sangat mirip. Ini disebabkan oleh karakteristik ikan masih belum berkembang. Anda dapat melihat perkembangan ini setelah ikan agak dewasa yakni sekitar berusia dua bulan.

Dilansir dari Wikihow.com, ikan cupang jantan umumnya memiliki sirip belakang, perut, dan ekor yang panjang. Sirip belakang dan ekor ikan cupang sering terkulai karena amat panjang, yakni sekitar 2-3 kali panjang tubuh. Sementara itu, ikan cupang betina memiliki sirip yang lebih pendek. Di bagian perut cupang betina juga bentuknya mirip sisir rambut.

Warna pada sisik dan sirip ikan juga dapat menjadi penentu jenis kelamin cupang. Ikan cupang jantan umumnya memiliki warna yang lebih cerah. Sementara cupang betina memiliki warna yang lebih kusam, khususnya di bagian tubuh. Kendati demikian warna tubuh juga menentukan tingkat stres ikan. Ikan cupang betina bila mengalami stres akan memiliki warna tubuh yang lebih cerah.

Baca Juga: Ikan Hias Sering Naik Ke Permukaan Air dan Megap-Megap, Kenapa Ya?

Hal paling mudah mengetahui cupang betina saat masih muda adalah adanya titik putih kecil di bagian bawah tubuh. Ini adalah ovipositor, sebuah alat untuk meletakkan telur. Titik ini amat kecil mirip sebutir garam. Letak tepatnya berada di dekat tepi sirip perut dekat kepala ikan.

Dalam hal bentuk, ikan cupang jantan cenderung lebih tipis dan panjang, sedangkan ikan cupang betina cenderung lebih pendek dan tebal. Bentuk perbedaan ini tidak terlihat jelas.  Anda harus terbiasa melihat ikan cupang untuk menentukannya dari segi bentuk.

Berdasarkan Perilaku

Berdasarkan perilaku, ikan jantan biasanya akan membuat gelembung pada permukaan air saat siap kawin. Gelembung-gelembung ini dipersiapkan untuk membuahi telur. Ikan jantan biasanya menjadi pengasuh bagi keturunannya.

Cupang betina bukan petarung seperti jantan, tetapi mereka bisa jadi sangat agresif saat berhadapan dengan ikan lain. Terutama saat bertemu dengan sesama ikan betina. Sementara ikan jantan cenderung menyerang saat mereka digabungkan dengan ikan lain di satu akuarium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TERPOPULER