Santai

Mudah! Ini Dia Cara Buat Susu Oat Sendiri di Rumah, Coba Yuk

Mudah! Ini Dia Cara Buat Susu Oat Sendiri di Rumah, Coba Yuk

MOMSMONEY.ID - Berikut cara mudah yang bisa diikuti untuk membuat susu oat atau oat milk sendiri di rumah.

Hanya dengan menggunakan blender dan saringan, semua orang bisa membuat susu oat sendiri di rumah. Dari pada harus membeli oat milk dengan harga yang mahal.

Kini telah banyak orang-orang yang beralih menggunakan susu oat dibanding susu biasa. Sebab susu gluten free ini dipercaya memiliki kalori lebih rendah dari susu biasa.

Baca Juga: Cocok Buat Diet, Coba 4 Jenis Susu Non Dairy Ini yuk

Laman Food Network menjelaskan, rasa pada susu oat juga tak jauh beda dari susu biasa dengan tekstur yang tidak terlalu creamy.

Perbedaannya hanya akan ada sedikit rasa oat yang dirasakan ketika minum susu ini. Tapi rasanya akan lebih gurih dan nikmat dibanding susu biasa.

Cara untuk membuat oat milk atau susu oat juga cukup mudah. Bahan yang perlu disiapkan hanya oat mentah atau rolled oat dan air dingin saja. Gunakan air dingin agar tekstur oat yang akan di blender tidak menjadi seperti bubur.

Setelah menyiapkan bahan tersebut, campur semuanya dalam blender. Biarkan selama 30-45 detik dalam blender sampai memiliki konsistensi yang sedikit kental.

Baca Juga: Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Jika sudah, gunakan saringan bersih untuk menyaring sari dari oat tersebut. Penggunaan lap bersih juga disarankan agar sari dari oat yang lembut tersebut tidak tercampur dengan larutan susu.

Penyaringan dapat diulang lagi jika dirasa terlalu banyak ekstrak atau sari oat yang masuk dalam larutan susu.

Perlu diingat, susu oat tersebut tidak mengandung pemanis sama sekali. Namun, laman Minimalist Baker menyarankan penambahan sea salt, ekstrak vanila, pemanis alami seperti kurma dan madu, atau bubuk cokelat sebagai penambah rasa dari susu oat.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan susu oat yang telah jadi tersebut di dalam kulkas. Kocok terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi oat milk buatan sendiri itu tadi.

Susu oat buatan sendiri ini hanya bisa bertahan 2-4 hari dalam suhu kulkas. Sebab susu ini tidak dilengkapi dengan bahan pengawet seperti susu yang diproduksi di pabrik.

Nah, itulah tadi cara membuat susu oat atau oat milk sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News