ads

Mudah! Ini 4 Tips Membersihkan dan Merawat Dinding Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 24 Juni 2022 | 14:57 WIB
Mudah! Ini 4 Tips Membersihkan dan Merawat Dinding Rumah

ILUSTRASI. Berikut cara membersihkan dan merawat dinding rumah supaya selalu tampil apik.


MOMSMONEY.ID - Dinding merupakan salah satu area yang tidak boleh ketinggalan saat sedang membersihkan rumah. Sebab, dinding berperan sangat penting dalam menjaga kondisi rumah.

Selain membantu melindungi penghuni rumah dari paparan cuaca di luar, dinding juga sangat menentukan tampilan rumah sehingga harus dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Nah, bagaimana caranya membersihkan dan merawat dinding supaya bisa selalu tampil cantik? Berikut tipsnya untuk Anda.

Kenali jenis cat dinding yang digunakan

Sebelum membersihkan dan merawat dinding, Anda perlu mengenali jenis cat dinding yang digunakan di rumah.

Mengutip penjelasan dari trendbuildingservices.com, hal ini penting karena akan membantu menentukan produk dan alat pembersih apa yang tepat untuk dinding rumah.

Baca Juga: 4 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Kemarau, Yuk Waspada!

Jika Anda tidak tahu jenis cat dinding yang digunakan, coba lakukan spot test dengan cara membersihkan area kecil pada dinding dengan pembersih yang ingin digunakan. Tunggu hingga kering, lalu pastikan area yang dibersihkan tidak bereaksi atau mengalami perubahan yang signifikan.

Bersihkan debu dan kotoran secara rutin

Membersihkan debu dan kotoran yang menempel di dinding merupakan cara termudah untuk menjaga tampilan dinding. Sebab, debu dan kotoran tentu bisa membuat dinding kurang enak dipandang.

Dikutip dari raisingtherings.com, membersihkan debu dan kotoran pada dinding juga dapat membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lebih bersih. Jadi, penghuni rumah akan lebih sehat.

Cukup gunakan kemoceng, sapu, atau kain bersih untuk menyingkirkan debu dan kotoran tersebut. Bahkan, jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner dengan corong khusus.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka, Cocokkah untuk Rumah Anda?

Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras

Saat membersihkan dinding rumah, pastikan Anda tidak menggunakan bahan pembersih dengan kandungan yang keras.

Hal yang sama juga berlaku untuk alat pembersih, misalnya sikat dengan bulu yang kaku dan tajam atau kain dengan permukaan yang kasar. Pasalnya, pembersih yang terlalu keras bisa membuat cat dinding memudar atau terkelupas, sehingga mengurangi tampilan dinding itu sendiri.

Cat ulang bagian yang memudar

Cat dinding yang memudar, terkelupas, atau tergores memang tidak bisa dihindari, apalagi di beberapa bagian tertentu. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengecat ulang dinding rumah.

Supaya tidak terlalu merepotkan, Anda cukup mengecat bagian dinding yang terlihat kurang baik. Pastikan Anda menggunakan cat dinding yang persis sama dengan cat yang sudah ada, baik dari segi warna maupun finishing-nya.

Itulah beberapa tips untuk membersihkan dan merawat dinding rumah supaya selalu terlihat cantik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER