HOME, Bugar

Mudah Diterapkan, Begini 5 Cara Menurunkan Asam Lambung

Mudah Diterapkan, Begini 5 Cara Menurunkan Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Jumlah asam lambung yang terlalu tinggi dapat menimbulkan banyak masalah. Tentu saja cara menurunkan asam lambung perlu segera Anda lakukan, supaya kondisi kesehatan tak memburuk.

Salah satu masalah yang timbul akibat asam lambung terlalu tinggi adalah heartburn atau sensasi terbakar. 

Tak hanya heartburn, asam lambung tinggi yang terus dibiarkan dalam jangka dapat mengakibatkan hal yang lebih parah. Misalnya, lambung terluka dan lain-lain.

Anda tidak perlu khawatir karena masalah itu bisa dicegah dengan beberapa bahan alami. Meski demikian, bahan-bahan berikut ini hanya mampu sementara mengatasi asam lambung.

Jika kondisi kesehatan Anda tak membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Nanas

Mengutip dari Rocky Mountain Health Plans, nanas berguna untuk mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi. Jenis buah itu mengandung enzim bromelain yang efektif menurunkan jumlah asam hidroklorik di lambung.

Jika heartburn mulai terasa, cobalah untuk mengatasinya dengan minum jus nanas.

Baca Juga: Teaser Terbaru Kingdom: Ashin of The North, Cek Jadwal Tayang di Netflix

Baking soda

Bahan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan asam lambung adalah baking soda. Baking soda mengandung antasida alami yang mampu menetralkan asam lambung berlebih.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air. Aduk rata lalu minum air tersebut.

Meski bisa menyembuhkan asam lambung, sebaiknya jangan konsumsi baking soda terlalu sering. Rocky Mountain Health Plans menyebutkan, baking soda mengandung banyak garam yang justru menimbulkan mual.

Apel, anggur, pisang

Jika Anda mencari cara menurunkan asam lambung, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi beberapa jenis buah. Mulai dari apel, anggur, hingga pisang.

Selain itu, mengonsumsi apel, anggur, dan pisang juga efektif mengatasi heartburn dan gejala asam lambung tinggi yang lain.

Baca Juga: Intip Trailer Terbaru Ali & Ratu Ratu Queens, Tayang di Netflix

Air

Minum air putih adalah salah satu cara menurunkan asam lambung.

Jika asam lambung naik secara tiba-tiba, cobalah untuk minum banyak air putih. Selain itu, usahakan untuk berdiri tegak. Tujuannya agar makanan yang Anda konsumsi dan asam lambung tak naik ke saluran pencernaan atas.

Buttermilk

Asam lambung juga bisa Anda atasi dengan mengonsumsi buttermilk, lo. Selain mengonsumsi buttermilk, produk olahan susu yang lain, seperti yogurt, juga bisa Anda jadikan pilihan.

Jika Anda bingung memilih bahan mana yang perlu Anda konsumsi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Cara Mudah Melatih Anak Menggunakan Toilet, Mama Muda Perlu Tahu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News