Bugar

Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah, Ini 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah, Ini 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama mengatur pola makan. Nah, ada makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa Anda kendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol.

Simak penjelasan berikut yang dilansir dari Healthline untuk mengetahui daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol, antara lain: 

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Inilah Sederet Manfaat Rosemary Untuk Kecantikan

Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, arugula, dan kangkung, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

Pisang

Kandungan zat inulin pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Baca Juga: Daftar Buah untuk Membantu Menurunkan Kolesterol, Konsumsi Secara Rutin

Buncis

Buncis dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah karena kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, setidaknya konsumsi 2-10 gram serat larut per hari.

Kedelai

Kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Di dalamnya terkandung isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

Supaya kolesterol Anda tetap terkontrol, lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter.

Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News