Keluarga

Mudah Dikenali, Ini 6 Ciri Ikan Segar dan Tips Menyimpannya di Freezer

Mudah Dikenali, Ini 6 Ciri Ikan Segar dan Tips Menyimpannya di Freezer

MOMSMONEY.ID - Sebelum membeli ikan di pasar, hal yang paling penting dilakukan adalah mengetahui ciri ikan segar agar tak salah dalam memilih. Selain itu, penting juga mempelajari tips menyimpan ikan segar apabila Anda tidak langsung mengolahnya.

Agar tak bingung, langsung saja simak ciri-ciri ikan segar, yang dilansir dari Times of India, Food NDTV, Maggi dan laman Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, berikut ini!

Ciri Ikan Segar

Warna mengkilap

Warna adalah ciri paling mudah yang dapat diketahui. Ini karena ciri ikan segar dapat diketahui hanya dengan melihat warna keseluruhan pada tubuh ikan.

Secara fisik, ciri ikan segar memiliki sisik yang utuh dan kencang. Warnanya mengkilap dan tidak terkesan kusam.

Sementara ikan yang sudah tidak segar memiliki ciri seperti sisiknya mudah terlepas, tidak ada lendir, serta tampilannya kusam. Hindarilah membeli ikan dengan ciri-ciri ini.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Mata jernih

Memeriksa mata ikan adalah salah satu cara terbaik untuk dapat mengetahui apakah ikan segar atau tidak.

Ciri ikan segar pastinya memiliki mata yang menonjol, lembab, jernih, dan berkilau. Sementara jika ikan sudah tidak segar lagi, maka matanya cenderung berwarna keruh dan tenggelam.

Insang berlendir

Ikan segar idealnya memiliki insang yang berwarna merah muda cerah atau kemerahan. Ciri ikan segar juga dapat dilihat dari insangnya yang berlendir jernih, basah, dan berwarna kecoklatan.

Sementara itu, hindari ikan dengan insang yang kering, berwarna pucat, dan berbau menyengat.

Baca Juga: Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

Aroma amis yang lembut

Ciri ikan segar juga dapat diketahui berdasarkan aromanya. Aroma ikan segar punya perbedaan yang jelas dibandingkan dengan ikan yang sudah lama terpapar di suhu normal.

Ciri ikan segar memiliki aroma amis yang lembut dan tak terlalu menyengat. Sementara jika ikan punya aroma yang menyengat dan cenderung berbau asam, maka hindarilah.

Biasanya, aroma asam, amis, dan menyengat ini tak mudah hilang meski sudah dicuci dan dimasak. Ini menunjukkan bahwa ikan sudah tak segar lagi.

Tekstur Kenyal

Ciri ikan segar dapat dilihat berdasarkan teksturnya. Sebelum membeli ikan mentah, ada baiknya Anda menyentuh permukaan ikan agar dapat mengetahui teksturnya.

Ciri ikan segar cenderung memiliki tekstur yang kenyal baik di luar maupun bagian dalam ikan.

Jika ditekan, daging ikan segar akan memantul kembali dan tidak lembek. Sementara itu, ciri ikan yang sudah tak segar biasanya cenderung lembek ketika ditekan.

Jangan lupa untuk biasakan selalu menekan kulit luar ikan & bagian perutnya sebelum Anda benar-benar membeli ikan mentah agar Anda dapat mengetahui kualitas ikan dari tingkat kekenyalannya.

Baca Juga: 4 Tips Hilangkan Bau Amis saat Memasak Seafood, Super Efektif!

Tenggelam dalam air

Cara terakhir untuk dapat mengetahui ciri ikan segar adalah dengan mengecek ikan di dalam air.

Coba ambil sebaskom air dan mulai tenggelamkan ikan segar yang baru Anda beli. Jika ikan tersebut tenggelam, maka ikan dapat dipastikan segar. Sementara jika ikan mengapung, maka bisa dipastikan ikan sudah mulai membusuk entah karena suhu ataupun waktu.

Ikan Segar

Tips menyimpan ikan segar di freezer

Selanjutnya, berikut tips menyimpan ikan segar di freezer agar awet tahan lama, dirangkum dari The Spruce Eats dan Respect Food:

Cuci bersih

Sebelum menyimpan ikan segar di dalam freezer, ada baiknya mencuci ikan terlebih dahulu. Ini untuk menjaga kehigienisan ikan itu sendiri maupun makanan lain dalam freezer.

Jangan lupa setelah mencucinya, pastikan Anda mengeringkannya menggunakan paper towel hingga kering. Air yang menggenang pada ikan segar akan membuat bakteri lebih mudah berkembang biak sehingga ikan segar jadi cepat membusuk.

Baca Juga: Kulit Ikan Sering Menempel? Ini 4 Tips Supaya Ikan Tak Lengket Saat Dipanggang

Gunakan wadah kedap udara

Ikan segar punya aroma yang khas dan biasa menguar hingga seluruh isi kulkas ikut berbau.

Agar ikan segar dapat bertahan lama sekaligus untuk menghindari aroma ikan di seluruh kulkas, Anda bisa menyimpan ikan segar dengan cara dibungkus menggunakan aluminium foil atau wadah kedap udara untuk mencegahnya mencemari makanan lain.

Biarkan dalam tempat dingin

Menyimpan ikan segar haruslah ditempatkan pada suhu yang sangat dingin agar tak mudah membusuk dan dapat bertahan lama. Kontrol suhu freezer-mu menjadi yang paling dingin.

Anda juga bisa menyimpan ikan segar diluar freezer dengan catatan Anda harus melapisi ikan dengan es serut atau es batu hingga benar-benar tertutup.

Baca Juga: Tak Mudah Basi, Ini 4 Trik Pintar Masak Makanan Bersantan

Tapi jangan salah, es yang digunakan adalah es yang Anda buat sendiri, bukan es yang menempel pada dinding-dinding kulkas. Ganti es secara berkala jika es sudah mulai mencair.

Namun jika Anda tak memakannya dalam beberapa hari, para ahli menyarankan Anda untuk membekukan ikan segar tersebut.

Itulah aneka tips menyimpan ikan segar di freezer. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News