Keluarga

Mudah Dibuat, Ini 4 Masker Buah untuk Membuat Kulit Glowing dari Dalam

Mudah Dibuat, Ini 4 Masker Buah untuk Membuat Kulit Glowing dari Dalam

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan resep masker buah untuk membuat kulit glowing dari dalam.

Buah-buahan kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu menciptakan kulit yang glowing dari dalam.

Selain mengonsumsinya secara langsung, manfaat buah-buahan juga bisa kulit Anda dapatkan melalui penggunaan masker.

Penggunaan masker dari buah-buahan menawarkan spa terapeutik untuk kulit sekaligus mampu merilekskan dan menjauhkan kulit dari stres penyebab berbagai permasalahan kulit.

Minim bahan kimia, inilah 4 masker buah untuk membuat kulit glowing dari dalam sebagaimana dilansir dari Stylecraze.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang Setiap Hari

1. Masker pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A dan enzim papain yang memiliki sifat eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati serta meningkatkan warna kulit.

Di dalam pepaya, ada sifat anti-inflamasi dan anti-virus yang dapat membantu mengurangi jerawat sekaligus menenangkan kulit yang rentan berjerawat.

Manfaat lain dari pepaya yang tidak kalah luar biasa adalah mengurangi tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, mengencangkan kulit, memudarkan bekas luka dan noda, hingga memelihara kelembaban kulit.

Blender 2 potong pepaya sampai halus kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan bubur pepaya ke kulit wajah yang bersih dan kering lalu diamkan selama sekitar 15-20 menit. Setelah 15-20 menit, cuci wajah Anda dengan air dingin, keringkan, dan segera oleskan pelembab.

2. Masker pisang

Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, silika, kalium, dan nutrisi lain yang penting untuk elastisitas dan integritas kulit.

Tak hanya nikmat, pisang juga memiliki kemampuan ajaib untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pisang bisa menjadi bahan perawatan kulit alami yang aman sekaligus bagus untuk kulit kering dan sensitif.

Haluskan ½ buah pisang lalu campurkan dengan ½ sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon. Aplikasikan masker pisang yang sudah jadi ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Jika kulit Anda kering atau sensitif, pastikan untuk menghindari penggunaan jus lemon.

Baca Juga: 4 Tanda Tidak Cocok Memakai Micellar Water, Sudah Tahu?

3. Masker tomat

Secara botani, tomat termasuk dalam kelompok buah-buahan meski anggapan umum mengatakan bahwa tomat merupakan sayuran.

Terlepas dari perdebatan tersebut, faktanya tomat mengandung likopen, antioksidan yang kuat, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang mampu menyerap lebih banyak oksigen untuk menunda penuaan serta melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Plus, tomat juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kulit belang.

Blender 1 buah tomat hingga konsistensinya halus dan lembut kemudian campurkan dengan 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh yogurt. Setelah semuanya tercampur, oleskan masker ke wajah dan leher, biarkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mengingat yogurt mengandung asam laktat, maka Anda yang memiliki kulit sensitif wajib menghindarinya.

4. Masker apel dan anggur

Apel mengandung vitamin C yang membantu membangun kolagen. Di dalam apel, ada juga kandungan antioksidan dan polifenol yang mampu melindungi kulit dari kerusakan UV dan penuaan, serta kandungan asam malat yang memiliki sifat humektan dan bisa membuat kulit lebih glowing sekaligus halus.

Di sisi lain, anggur kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit. Tak sampai di situ, anggur juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan resveratrol yang dapat melawan radikal bebas serta menghambat pembentukan kerutan.

Siapkan ½ buah apel dan 7 buah anggur kemudian blender keduanya sampai menjadi pasta yang halus dan lembut.

Oleskan pasta apel dan anggur ke kulit wajah yang bersih lalu biarkan selama 30 menit. Terakhir, cuci wajah Anda dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

Itulah 4 masker buah untuk membuat kulit glowing dari dalam. Walaupun tergolong aman karena terbuat dari buah-buahan, selalu ingat untuk tidak ragu melakukan patch test ke area kecil kulit sebelum mengaplikasikan masker ke seluruh wajah guna mengetahui reaksi alergi pada kulit Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News