HOME, Bugar

Mudah Anda Coba, Berikut 5 Cara Membersihkan Pembuluh Darah

Mudah Anda Coba, Berikut 5 Cara Membersihkan Pembuluh Darah

MOMSMONEY.ID - Kondisi pembuluh darah yang baik punya dampak ke seluruh kesehatan tubuh. Cara membersihkan pembuluh darah perlu Anda coba agar kesehatan terjaga. Misalnya, mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Ada banyak faktor yang membuat kondisi pembuluh darah menurun. Mulai dari stres, kurang mengonsumsi makanan bergizi, hingga menerapkan pola hidup lainnya yang kurang sehat.

Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi kesehatan Anda akan menurun. Biasanya, kondisi pembuluh darah yang tidak terkontrol berakibat buruk pada kesehatan jantung.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, cobalah untuk memasukkan beberapa jenis makanan ini pada menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari:

Kopi

Apakah Anda gemar minum kopi? Ternyata, kopi berguna untuk membersihkan pembuluh darah, lo. Mengutip dari Inktel, rutin mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 20%.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih, ya. Terlalu banyak minum kopi justru bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan Anda.

Setiap orang memiliki batas toleransi minum kopi yang berbeda-beda. Jadi, tak ada salahnya untuk konsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: 5 Obat Herbal Sakit Perut, Bisa Jadi Alternatif Pilihan

Kunyit

Mengonsumsi kunyit termasuk salah satu cara membersihkan pembuluh darah yang bisa Anda coba. Jenis rempah itu mampu menurunkan jumlah lemak yang mengganggu kondisi pembuluh darah.

Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga efektif meredakan peradangan sehingga risiko penyakit dapat berkurang.

Kayu manis

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Inktel untuk menjaga kondisi pembuluh darah adalah kayu manis. Selain meningkatkan cita rasa makanan, kayu manis mampu mengatasi efek kolesterol.

Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk mengonsumsi 1 sdt kayu manis per hari.

Baca Juga: Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Alpukat

Cara membersihkan pembuluh darah berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi alpukat. Jenis lemak yang terkandung dalam alpukat bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dengan meurunkan jumlah kolesterol.

Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan makanan bergizi lain dalam bentuk salad.

Semangka

Mengonsumsi semangka bisa jadi salah satu cara membersihkan pembuluh darah.

Supaya kondisi pembuluh darah tetap terjaga, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi semangka. Kandungan dalam jenis buah itu mampu meningkatkan oksidasi nitrat sehingga pembuluh darah dapat melebar.

Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selanjutnya: 4 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News