Bugar

Mudah Anda Lakukan, Begini Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Mudah Anda Lakukan, Begini Cara Mendeteksi Kanker Payudara

MOMSMONEY.ID - Mengetahui cara mendeteksi kanker payudara menjadi hal yang wajib bagi setiap wanita. Semakin dini penyakit ini terdeteksi, semakin cepat pula penanganan yang dapat dilakukan.

Cara mendeteksi kanker payudara ini mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan rutin dan bisa dilakukan saat mandi. 

Dilansir dari Cancer Care dan Web MD, inilah cara mudah mendeteksi kanker payudara yang bisa Anda lakukan di rumha, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang

1. Pemeriksaan dengan berbaring

Cara mudah mendeteksi kanker payudara yang pertama dengan SADARI. SADARI bisa dilakukan dengan cara berbaring, sebab payudara menjadi melebar dan memudahkan untuk diperiksa.  

Sambil berbaring, Anda bisa menempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Gunakanlah losion untuk memijat payudara dan pijatlah dengan gerakan sesuai arah jam.   

2. Pemeriksaan di depan cermin

Cara mudah mendeteksi kanker payudara yang kedua adalah melakukan pemeriksaan di depan cermin. Berdirilah di depan kaca, lalu buka pakaian dari pinggang ke atas.  

Perhatikan dengan seksama kondisi payudara Anda. Kebanyakan wanita umumnya memiliki ukuran payudara yang tidak sama besarnya. Kemudian, coba berdirilah dengan lengan di samping tubuh.   

3. Saat mandi

Cara mudah mendeteksi kanker payudara yang ketiga adalah melakukan pemeriksaan saat mandi.   

Busa sabun bisa memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan payudara. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.  

Baca Juga: Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

4. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut

Jika Anda sudah melakukan cara mendeteksi kanker payudara dan menemukan adanya gejala seperti benjolan, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut.  

Sebenarnya, tak perlu menunggu menemukan gejala untuk melakukan pemeriksaan. Salah satu cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan mamografi.  

Inilah beberapa cara mudah mendeteksi kanker payudara yang bisa anda lakukan di rumah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News