Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini Penyakit yang Kerap Menyerang Bayi di Tahun Pertamanya

Moms Wajib Tahu! Ini Penyakit yang Kerap Menyerang Bayi di Tahun Pertamanya

MOMSMONEY.ID - Penyakit yang rentan menyerang bayi di tahun pertama ada beragam dan ini terjadi akibat daya tahan tubuh dan organ yang belum sempurna.

Penyakit ini bisa menyerang semua bagian tubuh bayi. Selama tahun pertama bayi, orang tua akan banyak belajar tentang caranya berkomunikasi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda, ketahui penyakit-penyakit yang rentan terjadi pada bayi di tahun pertamanya.

Dirangkum dari Mother and Baby dan Healthline, inilah beberapa penyakit yang rentan menyerang bayi di tahun pertamanya, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Bahaya Ruam Popok dan Cara Mengobatinya

1. Ruam popok

Penyakit yang rentan menyerang bayi pertama adalah ruam popok. Ruam popok adalah gangguan kulit bayi di area pemakaian popok yang terlihat memerah, panas, gatal, dan bengkak.

Beberapa penyebab ruam popok adalah jarang mengganti popok hingga mengiritasi kulit, popok terlalu ketat, dan adanya infeksi bakteri dan jamur.   

2. Selesma atau pilek

Penyakit yang rentan menyerang bayi kedua adalah selesma atau pilek. Penyebab utama pilek pada bayi yaitu infeksi yang membuat selaput hidung dan pernapasan memproduksi lendir. 

Gejalanya adalah demam, kadang sulit bernapas, batuk, napas tersengal-sengal, dan pola makan atau tidur terganggu. Bayi juga mengalami bersin atau kadang nafsu makan menurun. 

3. Penyakit kuning

Penyakit yang rentan menyerang bayi ketiga adalah penyakit kuning. Sakit kuning akan membuat kulit dan mata bayi menjadi kuning. 

Dimana kondisi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, atau kekurangan enzim G6PD.  

Baca Juga: Penyakit Infeksi yang Rentan Menyerang Balita

4. Sulit buang air besar

Penyakit yang rentan menyerang bayi keempat adalah sulit buang air besar. Setelah bayi mengonsumsi makanan padat, penyakit bayi yang umum terjadi adalah sulit buang air besar.

Feses yang keras akan terasa sakit saat ingin dikeluarkan. Jika bayi tidak BAB, maka tinja akan semakin keras karena air diserap oleh dinding usus.

5. Muntah

Penyakit yang rentan menyerang bayi terakhir adalah muntah. Muntah dan gumoh pada bayi tentunya berbeda.

Gumoh normal terjadi sampai bayi berusia 1 tahun. Volume susu yang mengalir keluar dari mulut bervariasi, umumnya 1-2 sendok makan.  

Itulah beberapa penyakit yang rentan menyerang bayi di tahun pertamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News