Bugar

Moms Waspadai! Ini 5 Bahaya Makanan Junk Food yang Perlu Anda Ketahui

Moms Waspadai! Ini 5 Bahaya Makanan Junk Food yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa bahaya makan junkfood yang perlu Anda ketahui.

Junk food atau makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak, namun jenis makanan ini mengandung tinggi kalori dan sedikit nutrisi. 

Tidak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi junk food juga berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, hingga kanker. 

Dilansir dari Everyday Health, tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, ada banyak bahaya makanan junk food yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Jangan Remehkan, Kebiasaan Ini Membuat Berat Badan Anda Cepat Naik

1. Memperbesar risiko munculnya kanker

Bahaya makanan junk food yang perlu Anda ketahui pertama adalah memperbedar risiko munculnya sel kanker.  

Pola makan tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Pola makan yang dimaksud adalah pola makan tinggi kalori dan lemak serta rendah serat, termasuk makanan junk food. 

2. Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2

Bahaya makanan junk food yang kedua adalah meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Junk food tinggi akan kalori, lemak, dan karbohidrat yang menyebabkan lonjakan gula darah. 

Jika sering dikonsumsi, lama-kelamaan hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada insulin. Akibatnya, Anda akan berisiko lebih besar terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2. 

3. Mood swing

Bahaya makanan junk food yang perlu Anda ketahui ketiga adalah mood swing. Mood swing alias perubahan mood secara tiba-tiba pun akan terjadi. 

Saat Anda mengonsumsi cupcake, kadar gula dalam tubuh meningkat dan menimbulkan kebahagiaan. Namun saat efeknya hilang, semua kesenangan hilang dan berganti hampa. 

4. Menyebabkan kerusakan gigi

Bahaya makanan junk food yang perlu Anda ketahui keempat adalah menyebabkan kerusakan gigi.  

Makanan junk food biasanya akan dihidangkan bersama minuman bersoda atau minuman manis yang tinggi akan kandungan karbohidrat dan gula. 

Ketika minuman ini dikonsumsi, bakteri di mulut Anda akan menghasilkan asam. Asam ini menghancurkan lapisan pelindung (enamel) gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

5. Meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan

Bahaya makanan junk food yang perlu Anda ketahui kelima adalah meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan.  

Anak-anak yang mengonsumsi makanan junkfood setidaknya tiga kali seminggu akan berisiko terkena obesitas dan peningkatan kekambuhan gejala asma. 

Sedangkan untuk orang dewasa, obesitas yang mengintai dapat mengarah pada sesak napas, mengi, serta sleep apnea. 

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News