HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Ternyata Salak Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan Anak

Moms Wajib Tahu! Ternyata Salak Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan Anak

MOMSMONEY.ID - Buah salak merupakan buah tropis yang sudah sangat populer di masyarakat dan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anak. 

Buah ini dikenal dengan tekstur kulitnya yang menyerupai sisik ular dan pohonnya juga memiliki daun berduri halus dengan batang yang juga berduri.  

Di samping itu, buah salak memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis, sepat dan renyah saat digigit. Apalagi, ada banyak sekali manfaat buah salak yang baik untuk kesehatan. 

Salak tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. 

Selain itu, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia lain pada buah salak yang bermanfaat, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid.  

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat salak untuk kesehatan anak yang sayang untuk dilewatkan, dirangkum dari Healthline dan Health Benefits Times.

1. Bagus untuk pencernaan

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang pertama adalah bagus untuk pencernaan. Salak merupakan buah padat nutrisi yang diperkaya dengan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. 

Mengutip Health Benefits Times, kandungan nutrisi tersebut membuat salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat pada salak bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Di samping itu, tanin dalam buah salak bersifat sebagai anti diare sehingga salak membantu menyembuhkan diare.   

2. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang kedua adalah baik untuk kesehatan mata. 

Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak daripada mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali dibandingkan semangka merah.  

3. Bantu menyehatkan jantung

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang ketiga adalah bantu menyehatkan jantung. Salak memiliki kandungan kalium yang baik sehingga dapat membuat jantung sehat. 

Selain itu, juga dapat membantu pengaturan air di dalam tubuh. Hal ini karena jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi pada buah salak dapat menjaga sistem jantung berfungsi dengan baik.  

4. Menyehatkan tulang

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang keempat adalah menyehatkan tulang. Tidak hanya susu, buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang karena memiliki kalsium yang tinggi.

Manfaat buah salak ini datang karena di dalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang. Bahkan di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.  

5. Sumber zat besi

Manfaat buah salah untuk kesehatan anak yang terakhir adalah menjadi sumber zat besi. Anda bisa mengkonsumsi buah salak secara rutin sebagai salah satu sumber zat besi alami. 

Kekurangan zat besi selain bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius. 

Misalnya, kurangnya sel darah merah, yang mana dapat menimbulkan masalah anemia defisiensi besi. 

Itulah manfaat buah salak yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Dibalik kulit luarnya yang sedikit menyeramkan, nyatanya buah salak menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Mulai sekarang, anak bisa direkomendasikan untuk mengkonsumsi salak sebagai bagian dari asupan sehat harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News