Bugar

Moms Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi ASI Rembes Saat Hamil

Moms Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi ASI Rembes Saat Hamil

MOMSMONEY.ID - Kondisi ASI rembes saat hamil biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Bagi ibu yang mengalami ASI rembes, mungkin merasa khawatir.

Melansir penjelasan NHS, ASI merembes bukan tanda bahaya, melainkan bagian dari persiapan untuk menyusui bayi saat ia sudah lahir.

Kondisi ini menunjukkan bahwa payudara ibu telah siap untuk menyusui bayi. Sementara itu, kolostrum yang keluar ketika ASI rembes, juga mengandung antibodi yang sangat dibutuhkan bayi.

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil akan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kelahiran. Ketika trimester kedua berakhir, dan berlanjut ke trimester ketiga, payudara akan siap untuk menyusui bayi.

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

Hal ini merupakan respon alami tubuh, apabila bayi lahir secara prematur. Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa sebagian orang mengeluarkan kolostrum lebih banyak daripada yang lain. 

Sebenarnya, tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebocoran ASI. Jika ibu melihat ada ASI yang bocor selama kehamilan, jangan panik.

Sebab, hal ini mungkin bisa membuat ibu hamil menjadi lengah, terutama jika dirinya tidak menyadari hal ini sebagai fenomena umum dalam kehamilan. 

Namun, jika kondisi ini mengganggu ibu, maka ibu bisa melakukan beberapa hal untuk menahan ASI yang rembes tersebut. Salah satunya adalah dengan mencoba meletakan tisu atau bantalan payudara yang bisa menyerap cairan ASI.

Baca Juga: Moms, Ini Daftar Persiapan Sebelum Persalinan yang Perlu Anda Ketahui

Namun, ibu perlu segera memeriksakan kondisi kesehatan jika melihat darah bocor dari payudara atau menodai pakaian. Sebab, pada kasus yang jarang terjadi, kondisi tersebut mungkin mengindikasikan gejala akan kanker payudara selama kehamilan.

Selain munculnya darah atau noda darah, dilansir dari Pregnant Education, berikut adalah beberapa gejala lainnya: 

  • Munculnya lepuhan pada kulit payudara.
  • pengerasan kulit terus menerus atau penskalaan pada kulit puting susu.
  • Adanya perubahan bentuk puting secara mendadak. Namun, sebagian besar perubahan pada payudara. Contohnya seperti peningkatan ukuran, nyeri, penggelapan areola, dan kebocoran susu  diperkirakan terjadi selama kehamilan dan tak perlu dikhawatirkan. 

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ASI yang rembes selama kehamilan. Selain memperhatikan perubahan tubuh, ibu juga perlu memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News