Bugar

Moms Wajib Tahu Nih! Sederet Cara Efektif Mengatasi Sembelit pada Balita

Moms Wajib Tahu Nih! Sederet Cara Efektif Mengatasi Sembelit pada Balita

MOMSMONEY.ID - Cara efektif untuk mengatasi sembelit pada balita ada beragam, yang bisa dilakukan orangtua. 

Sembelit pada balita yang berusia kurang dari 1 tahun adalah hal yang biasa terjadi. Balita bisa jadi jarang buang air besar. 

Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sembelit adalah hal yang sangat normal terjadi sesekali. 

Dilansir dari Kids Health, inilah beberapa cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Beberapa Gejala Hernia yang Terjadi pada Bayi

Mengonsumsi lebih banyak air

Cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang pertama adalah mengonsumsi lebih banyak air. Masalah pencernaan ini dapat terjadi akibat tinja yang kering dan mengeras.

Dengan minum air lebih banyak, feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Meski begitu, pastikan ibu tetap memberikannya makanan yang biasa di samping minuman. 

Perbanyak makan serat

Cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang kedua adalah perbanyak makan serat. Pastikan Anda memberikan anak dengan buah-buahan, biji-bijian, serta sayuran.

Serat dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga kotoran tidak bertumpuk. Beberapa jenis makanan yang rendah lemak dan kaya serat adalah kentang, raspberry, alpukat, dan pir. 

Kurangi konsumsi sereal

Cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang selanjutnya adalah mengurangi konsumsi sereal. Sereal beras dapat memicu terjadinya sembelit karena rendah akan serat.

Pastikan ibu untuk mengurangi jumlah sereal beras untuk anak agar sembelit mereda. Berikan lebih banyak susu formula dan ASI, jangan cairan lain. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Penjelasan Feses Bayi Berwarna Merah

Berikan jus buah

Cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang keempat adalah memberikan jus buah. Jus buah disebut-sebut dapat efektif sebagai cara mengatasi sembelit.

Hal ini karena jus buah mengandung sorbitol yang berguna sebagai pencahar. Namun, pemberian minuman dari buah ini perlu diberikan pada balita dengan usia minimal 6 bulan. 

Tidak mengonsumsi susu sapi

Cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang terakhir adalah tidak mengonsumsi susu sapi. Oleh karena itu, coba ganti susu sapi dengan susu soya atau susu terhidrolisa ekstensif. 

Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa sembelit pada balita mungkin disebabkan intoleransi susu sapi pada beberapa anak. 

Itulah beberapa cara efektif mengatasi sembelit pada balita yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News