Bugar

Moms Wajib Tahu Nih, Ini Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

Moms Wajib Tahu Nih, Ini Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua.

Mata adalah salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh anak. Supaya penglihatannya tetap terjaga hingga dewasa, terdapat beberapa cara menjaga kesehatan mata anak.  

Hal yang bisa dilakukan seperti memberikan makanan sehat dan seimbang, mengurangi penggunaan gawai pada si kecil, hingga rutin ke dokter mata. 

Seperti dilansir dari Kids Health, inilah beberapa cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Alergi, Inilah Tanda-Tanda Alergi yang Harus Diwaspadai

1. Jaga mata anak dari sinar matahari

Cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua yang pertama adalah menjaga mata anak dari sinar matahari langsung. 

Ketika Anda mengajak anak untuk bermain di luar rumah, mintalah mereka untuk menggunakan kacamata hitam anti sinar ultraviolet (UV). 

Terutama yang dapat menghalangi 99-100% paparan sinar UVA dan UVB supaya matanya dapat terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari. 

2. Mengonsumsi makanan sehat

Cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua kedua adalah meminta si kecil untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang secara rutin. 

Makanan untuk kesehatan mata anak, di antaranya sayur-mayur hingga buah-buahan. Kedua makanan ini bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan mata. 

3. Bermain di luar rumah

Cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua ketiga adalah bermain di luar rumah. 

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam The Journal of the American Medical Association (JAMA), bermain di luar rumah dapat mencegah munculnya miopia (rabun jauh) pada anak-anak. 

Pastikan Anda ajak anak-anak ke luar rumah supaya mereka dapat mengamati hal-hal di sekelilingnya dan bergerak secara aktif.  

4. Gunakan kacamata sebagai pelindung

Cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua selanjutnya adalah dengan menggunakan kacamata sebagai pelindung. 

Hal ini sangat perlu dilakukan terutama saat beraktivitas di luar saat sinar matahari sedang terik-teriknya. 

Selain membuat penglihatan lebih nyaman di bawah sinar matahari, kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV. 

Baca Juga: Sering Kelelahan Bekerja? Ini 5 Cara Meredakan Stres Secara Efektif

5. Batasi penggunaan gawai

Cara efektif untuk menjaga kesehatan anak yang perlu diketahui oleh orang tua terakhir adalah membatasi penggunaan gawai. 

Hal lain yang dapat Anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan mata ialah membatasi screen time dari seluruh perangkat elektronik, seperti TV, komputer, atau telepon genggam. 

Namun, jika Anda tidak memungkinkan untuk membatasi screen time, Anda sebaiknya bisa mengistirahatkan anak secara berkala dari paparan layar elektronik. 

Nah, itu dia cara menjaga kesehatan mata anak yang bisa Anda lakukan sehingga indera penglihatan dapat bekerja dengan optimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News