HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Ketahui 5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan

Moms Wajib Tahu! Ketahui 5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, manfaat semangka untuk wajah ternyata juga cukup menjanjikan. Salah satunya adalah menghidrasi kulit.

Semangka merupakan salah satu jenis buah-buahan mengandung air yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, manfaat semangka untuk wajah ternyata juga cukup menjanjikan. 

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

Dilansir dari Health Focus dan Healthline, inilah beberapa manfaat semangka untuk kecantikan, antara lain: 

1. Mencegah jerawat

Manfaat semangka untuk kecantikan yang pertama adalah mencegah jerawat. Mencegah tumbuhnya jerawat juga menjadi manfaat semangka untuk wajah lainnya.

Buah semangka mengandung magnesium yang diyakini dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan cara menurunkan kadar kortisol dan menyeimbangkan hormon sehingga mengurangi produksi sebum. 

2. Menghidrasi kulit wajah

Manfaat semangka untuk kecantikan yang kedua adalah menghindari kulit wajah. Sebanyak 92% kandungan buah semangka adalah air.

Kandungan ini tentu bisa menjadi manfaat untuk membantu menghidrasi kulit wajah dari dalam. Jika Anda memiliki kulit wajah kering, tak ada salahnya menyertakan buah ini dalam menu diet.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat semangka untuk kecantikan yang ketiga adalah mencegah penuaan dini. Hal ini berkat kandungan likopen di dalamnya yang dipercaya mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Dengan begitu, kulit bisa bebas dari keriput, garis-garis halus, dan flek hitam (hiperpigmentasi).

Semangka juga mengandung vitamin E dan C yang bekerja sebagai antioksidan. Kombinasi kedua vitamin ini dapat membantu mencegah penuaan dini. 

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

4. Melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas

Manfaat semangka untuk kecantikan yang keempat adalah mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kombinasi kandungan vitamin C dan E sangat baik untuk mengelola atau meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari.

Sifat antioksidan dari vitamin E juga mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan dari radikal bebas, seperti radiasi UV.

5. Membuat kulit lebih mulus

Manfaat semangka untuk kecantikan yang kelima adalah membuat kulit lebih mulus. Vitamin C pada semangka dapat menstabilkan kandungan kolagen pada kulit. 

Vitamin C pada semangka dapat meminimalkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit, tetapi juga mencegahnya agar tidak timbul kembali.

Itulah beberapa manfaat semangka untuk kecantikan yang perlu diketahui. Setelah mengetahui semua manfaatnya, Anda sering mengonsumsi semangka agar kulit menjadi lebih cantik.

Baik pria maupun wanita pasti ingin memiliki kulit yang mulus dan cerah tanpa perlu penggunaan produk perawatan. Maka dari itu, lakukan cara alami ini setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News