HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Kenali Gejala Scabies pada Bayi

Moms Wajib Tahu! Kenali Gejala Scabies pada Bayi

MOMSMONEY.ID - Scabies adalah ruam gatal yang umum terlihat pada anak-anak dan bayi. Kondisi ini perlu diwaspadai karena sangat menular. Penyakit ini disebabkan oleh kutu kecil atau tungau dengan nama ilmiah Sarcoptes scabiei, silansir dari Skin Health.

Kulit bayi sering lebih terbuka dan lebih sensitif, oleh karena itu, lesi akibat scabies bisa berkembang menjadi lesi besar, serta menyebabkan munculnya lepuhan atau benjolan berisi nanah. 

Scabies bisa sebabkan rasa gatal tidak tertahankan yang sebabkan bayi sangat rewel. Rasa gatal ini muncul karena sistem kekebalan tubuh manusia membentuk reaksi alergi terhadap tungau dan telur yang menetas.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Kurap

Menurut American Academy of Pediatrics, tanda dan gangguan kesehatan kulit yang kemungkinan besar ditunjukkan bayi saat terkena scabies adalah:

1. Bintik-bintik merah yang melenting di kulit dan terisi air (pustula atau nodul).

2. Pustula menyebar luas ke bagian tubuh lainnya.

3. Bagian kulit yang terdampak terlihat melepuh.

4. Kulit menebal, berkerak, dan rentan teritiasi.

5. Anak merasa tidak nyaman di malam hari akibat rasa gatal yang bertambah parah.

Scabies pada bayi bisa berkembang menjadi scabies berkrusta, yaitu kondisi kulit yang diinangi oleh ribuan hingga jutaan tungau. Penyakit kulit ini sangat membahayakan keselamatan jiwa anak.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Dermatitis yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah upaya pencegahan scabies pada bayi agar tidak ikut tertular scabies: 

1. Periksakan anggota keluarga lainnya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan untuk mencegah scabies, meskipun tidak menunjukkan gejala sama sekali.

2. Jaga kelembapan ruangan tetap optimal dengan memastikan udara di ruangan bersirkulasi dengan lancar.

3. Pastikan Anda juga mengeringkannya dalam temperatur yang tinggi atau setrika dengan panas yang cukup tinggi guna memastikan tungau benar-benar mati.

4. Jaga kebersihan lingkungan tinggal dengan membersihkan barang-barang berkain yang digunakan si kecil menggunakan vacuum cleaner.

5. Cuci pakaian, selimut, dan seprai bayi secara terpisah menggunakan detergen antitungau dan air panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News