Bugar

Moms Wajib Tahu! Kenali Bentuk Tubuh Wanita dan Risiko Penyakit di Baliknya

Moms Wajib Tahu! Kenali Bentuk Tubuh Wanita dan Risiko Penyakit di Baliknya

MOMSMONEY.ID - Inilah penjelasan tentang bentuk tubuh wanita yang perlu Anda ketahui dan risiko penyakit yang ada di baliknya.

Bentuk tubuh wanita beragam, ada yang seperti apel, pir, atau jam pasir. Hal ini dipengaruhi oleh kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak di bagian tertentu. 

Bukan hanya memengaruhi penampilan, bentuk tubuh wanita juga dapat memengaruhi risiko munculnya sejumlah penyakit. 

Bentuk tubuh yang beragam menjadikan setiap wanita unik dan tidak ada yang perlu dibandingankan dengan orang lain.

Secara umum, bentuk tubuh wanita dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu apel (segitiga terbalik), pir (segitiga), dan jam pasir. 

Beberapa studi menyebutkan bahwa wanita yang memiliki bentuk tubuh apel dan pir lebih rentan terkena penyakit. 

Namun, hal ini bukan berarti bahwa wanita dengan bentuk tubuh lain, seperti tipe tubuh ramping atau jam pasir, terbebas sepenuhnya dari risiko penyakit. 

Melansir dari Women's Health, inilah beberapa penjelasan tentang bentuk tubuh wanita dan risiko penyakit di baliknya, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai Ciri-Ciri Lemah Jantung pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

1. Risiko kesehatan bentuk tubuh apel 

Bentuk tubuh wanita menyerupai apel digambarkan memiliki pinggang dan payudara yang besar, namun pinggul yang lebih kecil.

Pada bentuk tubuh ini, penumpukan lemak lebih banyak terjadi di area perut dan pinggang. 

Hal ini membuat wanita dengan bentuk tubuh apel lebih rentan terhadap penyakit seperti, diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, dan penyakit ginjal. 

2. Risiko kesehatan bentuk tubuh pir

Bentuk tubuh wanita yang menyerupai buah pir ditandai dengan tubuh bagian atas yang kecil, sementara bagian pinggul, paha, dan bokong lebih besar. 

Jaringan lemak pada wanita dengan bentuk tubuh pir lebih banyak tersimpan di pinggul, paha, dan bokong. 

Pemilik bentuk tubuh pir harus lebih berhati-hati karena lebih berisiko untuk mengalami sejumlah penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Moms Sering Cantengan? Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Penanganannya

3. Risiko kesehatan bentuk tubuh jam pasir

Bentuk tubuh wanita menyerupai jam pasir dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal.

Meski demikian, bentuk tubuh jam pasir juga bisa bervariasi. Bentuk pertama adalah variasi ukuran dada lebih besar daripada pinggul.

Variasi kedua adalah bentuk ukuran dada lebih kecil daripada pinggul, sedangkan variasi terakhir adalah ukuran dada dan pinggul sama. 

Pada wanita dengan bentuk tubuh jam pasir, penumpukan lemak tidak hanya terjadi di bagian tubuh tertentu, melainkan tersebar merata. 

Meski demikian, pemilik bentuk tubuh ini tetap berisiko terkena penyakit yang berkaitan dengan obesitas jika memiliki berat badan berlebih. 

Namun, jangan hanya berfokus pada bentuk tubuh. Lebih baik tetap jaga kesehatan dengan mengontrol berat badan, mengonsumsi makanan sehat, dan teratur berolahraga. 

Jika Anda memiliki masalah kesehatan karena bentuk tubuh Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat diperiksa dan diberikan penanganan.

Itulah penjelasan tentang bentuk tubuh wanita yang perlu Anda ketahui dan risiko penyakit yang ada di baliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News